Ajang MLC Ketiga HMPS Tadris Matematika Dibuka Umum se-Indonesia

4 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Ajang MLC Ketiga HMPS Tadris Matematika Dibuka Umum se-Indonesia

Humas IAIN Parepare- Himpunan Mahasiswa Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare mengadakan Ajang Mathematic and Logic Competition (MLC) Ketiga se-Indonesia dengan tema “Eksplore Matematika dengan Aksi Prestasi melalui Kompetisi Matematika yang Berkualitas”. Kegiatan ini berlangsung di Balai Seni, Jumat-Minggu (28-30/10/2022).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 84 peserta dari empat belas sekolah yang berpartisipasi di tingkat SMA/MA/SMK di wilayah Sulawesi dan empat sekolah di luar pulau Sulawesi. Lomba diselenggarakan secara offline untuk wilayah Kota Parepare dan di luar daerah dilakukan melalui via zoom meeting.

Ketua Panitia Muhammad Akmal Muhajir menjelaskan bahwa kegiatan ini dibuka secara umum tingkat SMA/MA/SMK tingkat nasional.

“Kegiatan kami buka secara umum karena kami ingin memperkenalkan prodi kami, yaitu Tadris Matematika dan di sisi lain kami ingin memperkenalkan kampus IAIN Parepare kepada masyarakat yang ada di luar sana,” tutur Akmal.

Ia melanjutkan bahwa mekanisme yang digunakan di MLC III itu ada tiga lomba yaitu olimpiade matematika, rangking satu dan karya tulis ilmiah (KTI). Lomba rangking satu dilaksanakan secara offline karena peserta lomba berasal dari Parepare sedangkan dua lomba lainnya dilaksanakan melalui zoom meeting. Panitia memberikan piagam berupa sertifikat dan uang pembinaan.

Akmal berharap MLC ini akan menjadikan siswa untuk dapat mendalami proses belajar dan melatih kejujuran siswa. Saat ini masih banyak siswa yang merasakan matematika sebagai pelajaran yang susah dan tidak menyenangkan, bahkan menakutkan. Mudah-mudahan siswa yang ikut lomba bisa memahami betul bahwa metematika itu tidak sesulit yang mereka bayangkan. Matematika sangat penting jdalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Akmal juga berpesan agar silaturahmi antar Prodi Tadris Matematika dengan sekolah SMA/MA/SMK tidak terputus setelah kegiatan ini berlangsung.

Senada dengan itu, Ketua Umum Himpunan Program Studi (HM-PS) Tadris Matematika Muhammad Akbar menuturkan bahwa kegiatan MLC merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh pengurus HMPS Tadris Matematika IAIN Parepare.

“Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berkompetisi matematika pada siswa SMA/SMA/MA sederajat serta mengembangkan kemampuan intelektual dan kreativitas melalui pengalaman kompetisi saat lomba. Harapan ke depan agar para siswa mampu membangun kembali jiwa kompetisinya apalagi setelah masa pandemi covid-19,” harap Akbar.

Salah satu guru SMA Negeri 2 Parepare, Jenny antusias mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan memang sudah ada program khusus di sekolah untuk siswa-siswi yang akan ikut lomba.

“Jadi anak-anak memang diberi pengayaan Matematika sebelum ikut lomba MLC III ini, dan Alhamdulillah tiga tahun berturut-turut kami juara umum di MLC. Semoga ke depannya bisa dilakukan secara offline semua,” harapnya. (ars/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 4 November, 2022