Aplikasikan Ilmu, HMPS BKI Ikut Sukseskan Ramadan Ceria

24 April, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare —Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN Parepare turut serta berpartisipasi dalam kegiatan Ramadan Ceria bersama anak didik pasar dan anak jalanan binaan Rumah Cinta Damai Kota Parepare.

Ramadan Ceria dilaksanakan oleh Puspaga Pedulita’ Parepare dan dibuka langsung oleh Pembina Puspaga Hj. Erna Rasyid Taufan. Kegiatan berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (23-24/04/2022) yang dilaksanakan di dua tempat yakni Balai Ainun Habibie dan Lapangan Andi Makkasau Parepare.

Salah satu konselor Puspaga Emilia Mustary yang juga dosen IAIN Parepare menjelaskan kehadiran mahasiswa BKI sebagai bentuk aplikasi keilmuan dalam hal bimbingan keislaman untuk anak-anak. Selain sebagai relawan pendamping kelompok, mahasiswa BKI juga turut menjadi pemateri utama dalam agenda ketiga, yaitu edukasi dan games anak Islam.

“Poin-poin materinya adalah rukun Islam serta perbuatan terpuji dan tercela yang dikemas dalam bentuk permainan kelompok dan diakhiri dengan games perlombaan antar kelompok menyusun rukun Islam sesuai urutan dan urutan sholat wajib beserta jumlah rakaatnya. Selain pengaplikasian ilmu, keikutsertaan HMPS BKI juga sebagai salah satu bentuk aplikasi MoU antara Dp3A dan FUAD, khususnya Prodi BKI,” jelas Emilia saat ditemui di Balai Ainun Habibie, Sabtu (23/04/2021).

Emilia juga mengatakan keikutsertaan HMPS BKI dapat menjadi salah satu pengalaman berharga.
“Pengalaman yang sangat berharga karena yang menarik dari kegiatan ini adalah peserta kegiatan berasal dari unsur anak jalanan dan anak-anak penjaja kantongan kresek di pasar di mana kondisinya sedikit berbeda dibanding anak-anak pada umumnya,” tambahnya.


Sementara Ketua HMPS BKI IAIN Parepare Jumriah mengatakan setidaknya terdapat 8 orang mewakili HMPS BKI untuk mendukung kegiatan Ramadan Ceria.
Salah satu mahasiswa BKI Revi Marista mengungkapkan kesyukurannya dapat ikut serta berpartisipasi.

“Tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi kami dan suatu kesyukuran pula karena telah diberi kesempatan untuk turut membantu terlaksananya acara tersebut. Bertemu dengan anak-anak yang masing-masing punya keunikan tersendiri. Kami banyak belajar pula pada mereka, bahwa selalu ada hal yang patut disyukuri dalam hidup. Untuk mereka, semoga menjadi orang-orang yang berhasil menggenggam mimpi di hari esok,” harap Revi setelah mengikuti penutupan kegiatan hari kedua di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare. (Aen/Mif)


di dalam Berita
Nur Aeni K 24 April, 2022