Apresiasi Akreditasi A Perpustakaan IAIN Parepare, Kepala Perpusnas RI Undang Rektor Tanda Tangan Kerja Sama

6 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--Hannani, Rektor IAIN Parepare, menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan Tahun 2023 yang dilaksanakan pada Senin—Selasa, (6-7/3/2023) di Pullman Hotel Jakarta Central Park, Jakarta Barat. 

Kegiatan ini bertema “Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial untuk Kesejahteraan, Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemic Covid-19”. Kegiatan ini dilangsungkan beriringan dengan penandatanganan MoU antara Kepala Perpustakaan RI dengan 33 mitra lembaga/instansi, salah satu di antaranya adalah IAIN Parepare. Penandatanganan MoU ini merupakan tindak lanjut penjajakan kerja sama yang sebelumnya telah dilakukan bersama jajaran Perpusnas RI.

IAIN Parepare menjadi salah satu Lembaga yang dipilih oleh pihak Perpusnas RI untuk akselerasi pengembangan literasi nasional. Di samping karena IAIN Parepare memiliki gedung dan fasilitas perpustaakan lantai 5, juga karena Perpustakaan IAIN Parepare telah terakreditasi A pada tahun 2022.

Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando mengapresiasi pencapaian akreditasi Perpustakaan IAIN Parepare yang telah terakreditasi A. Ia menyatakan kampus merupakan mitra strategis dalam upaya transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, meningkatkan literasi, dan diharapkan mampu menjadi solusi cerdas bagi pemulihan masyarakat pasca pademi covid-19.

Sementara itu, Rektor IAIN Parepare menyambut baik penandatangan MoU dengan Perpusnas RI ini sebagai salah satu ikhtiar pengembangan literasi dan riset di lingkungan civitas academica IAIN Parepare. Di sisi lain, transformasi perpustakaan perguruan tinggi dapat memberikan kemanfaatan kepada perguruan tinggi swasta sekitar maupun masyarakat umum secara luas.

Pengembangan literasi di lingkungan IAIN Parepare telah menunjukkan laju progresif dalam 4 tahun terakhir. Menurut M. Ali Rusdi (Ketua LPPM IAIN Parepare), penerbit Nusantara Press yang telah mendapat izin operasional dari Perpusnas dan telah terdaftar sebagai anggota IKAPI setidaknya telah menerbitkan 320 judul buku karya dosen, peneliti, mahasiswa maupun karya pengabdian Kuliah Kerja Nyata. Langkah masif publikasi di IAIN Parepare merupakan ikhtiar bersama seluruh civitas academica untuk mewujudkan kampus yang unggul dan inovatif

Sirajuddin, Kepala UPT Perpustakaan IAIN Parepare berharap melalui kegiatan MOU tersebut, pengguna Perpustakaan IAIN Parepare dapat memiliki hak keanggotaan untuk mengakses koleksi Perpusnas RI, melibatkan mahasiswa dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Perpusnas, seperti perpustakaan berbasis inklusi sosial dan penigkatan indeks literasi masyarakat. (Hr/Tin)


""
di dalam Berita
Hayana 6 Maret, 2023