Asesmen Tenaga Kependidikan Ukur Integritas dan Kompetensi Pegawai

23 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Asesmen Tenaga Kependidikan Ukur Integritas dan Kompetensi Pegawai

Humas IAIN Parepare- Instiut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan Asesmen Tenaga Kependidikan, Senin (21/11/2022). Asesmen ini diikuti 12 orang yang menjabat di IAIN Parepare sebagai pengembang teknologi pembelajaran ahli madya, analis kepegawaian ahli muda, pengembang teknologi pembelajaran ahli muda, analis layanan umum, pranata komputer ahli muda, pranata humas ahli muda, analis anggaran, analis informasi pengembang SDM aparatur, dan arsiparis ahli muda.

Pelaksanaan Asesmen ini dilakukan agar pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam suatu jabatan dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalisme sesuai dengan kompetensi, prestasi kerja, dan jenjang pangkat yang ditetapkan untuk jabatan itu serta syarat obyektif lainnya, tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras, atau golongan.

Di samping itu, tujuan pelaksanaan uji kompetensi mencakup pemetaan kompetensi dan potensi Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional sebagai dasar untuk penyusunan kebutuhan dan pelaksanaan pengembangan kompetensi Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional.

Selain itu, asesmen ini sebagai pertimbangan dalam perencanaan suksesi dan karier pegawai dan sebagai dasar dalam mengidentifikasi pegawai untuk pengembangan manajement talenta (talent pool) bagi calon pejabat.

Asesmen ini menghadirkan dua asesor dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama Pusat, yakni Saipul Akbar dan Sulaiman dan dua asesor independen dari PT. Quanta, yakni Febrianto dan Puji Ayuningsih Sugito.

Saipul Akbar mengatakan salah satu hal yang diukur, yaitu tingkat integritas.

“Bapak dan Ibu yang mengikuti asesmen ini berarti sudah melewati kualifikasi. Proses ini tidak hanya sampai disini. Ada ujungnya, yaitu auditor. Semua proses nanti akan diaudit, sehingga mohon peserta mengikuti asesmen ini dengan penuh tanggung jawab,” ucap Saipul.

Sementara Febrianto dari tim asesor independen PT. Quanta mengatakan asesmen dibagi menjadi dua tahap, yaitu tes tertulis dan wawancara.

Asesmen ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Parepare Hannani yang didampingi Wakil Rektor II IAIN Parepare Firman dan Kepala Biro AUAK Muhdin Bedong.

Hannani mengungkapkan tenaga kependidikan perlu memiliki integritas dan komitmen atas hasil pekerjaanya. Ia juga mengatakan bahwa pengurusan pangkat tenaga kependidikan tidak akan dihambat.

“Terkait pengurusan pangkat itu, kami tidak akan tahan-tahan. Maka, kinerja dari setiap bagian-bagian tenaga kependidikan itu, posisi kabag dan kasubag itu bisa mengukir prestasi tenaga kependidikan sehingga bisa sinergis dan hasilnya bisa semakin nampak,” ucap Hannani sebelum membuka kegiatan.

Salah satu peserta yang diasesmen, Suherman, Koordinator Humas mengucapkan rasa terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan dalam mengikuti kegiatan ini. “Bagi saya, asesmen ini merupakan momen untuk mengukur integritas, interpersonal, dan kemampuan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai ASN. Hasil asesmen ini akan menjadi evaluasi diri untk melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja dan kompetensi diri,” terangnya.


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 23 November, 2022