Audit Mutu Internal Fakshi, Auditor : Memastikan Manajemen Prodi Sesuai Standar Mutu

3 November, 2023 oleh
dirgaachmad

Humas IAIN Parepare - Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) melalui audit dokumen dan asesmen lapangan terhadap pelaksanaan pengelolaan setiap program studi di lingkup Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi), Rabu s.d. Kamis (1 s.d. 2/11/2023). Kegiatan AMI diawali dengan pembukaan dan pengarahan auditor yang dilaksanakan di Ruang Rapat Fakshi.

Auditor AMI yang ditugaskan untuk melakukan asesmen di Fakshi yakni Prof. Hj. Hamdanah (Koord.), Ahdar (mengaudit Prodi HTN), Adnan Achiruddin Saleh (mengaudit Prodi HPI), Besse Faradiba (mengaudit Prodi HES), dan Sri Mulianah (mengaudit Prodi HKI). Kehadiran auditor di Fakshi untuk memastikan bahwa pelaksanaan standar penjaminan mutu yang telah ditetapkan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, Kabag TU Fakshi Nurmi dan ketua program studi lingkup Fakshi selaku auditee. 

Nurmi dalam arahannya mengatakan kegiatan AMI memang sangat penting agar setiap pengelolaan prodi dan fakultas berjalan sesuai koridor yang ada

"Dengan kegiatan AMI ini, meskipun dilakukan secara internal, tentu kita semua berharap hasil dari kegiatan audit ini dapat memberikan gambaran tentang apa saja menjadi kekurangan atau standar apa saja yang belum dipenuhi, agar nantinya persiapan pelaksanaan asesmen lapangan oleh lembaga akreditasi tidak lagi dikerja asal-asalan. Dengan demikian, harapan terbesarnya ada prodi di Fakshi dengan predikat "unggul" pada status akreditasinya, " ujar Nurmi.

Sementara, Adnan Achiruddin yang mewakili auditor menyampaikan tentang pentingnya kegiatan ini untuk memastikan manajemen prodi sesuai standar mutu.

"Tujuan kegiatan ini, untuk mereviu apakah dokumen yang tersedia sudah sesuai dengan format dan standar penjaminan mutu. Kita akan melihat kesesuaian antara dokumen dengan data faktual, sehingga instrumen akreditasi mulai dari C1 sampai C9 dapat terpenuhi dengan baik dan sesuai dengan data yang sesungguhnya. Sehingga ke depannya, masalah-masalah yang ditemukan akan dituangkan dalam dokumen laporan Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk segera diperbaiki dan disempurnakan," tegas Adnan.

Setelah kegiatan pembukaan, dilanjutkan dengan asessmen terhadap ketua program studi lingkup Fakshi selama 2 hari. (DA/Tin)


di dalam Berita
dirgaachmad 3 November, 2023