Balai Bahasa Sulsel Sosialisasikan Program BIPA di IAIN Parepare

31 Agustus, 2023 oleh
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare---Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Institut Agama Islam Negeri Parepare. Kegiatan ini diikuti oleh Dosen Bahasa Indonesia, Tim Divisi UPT. Bahasa IAIN Parepare dan Pelaku Budaya lingkup IAIN Parepare yang dilaksanakan di Ruang International Office setelah sebelumnya disambut di Gedung Rektorat IAIN Parepare (Kamis, 31/8/2023).

 

Kegiatan ini disambut langsung oleh Wakil Rektor I IAIN Parepare Dr. Saepuddin, S. Ag., M. Pd. “Saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih telah memilih IAIN Parepare sebagai lokasi sosialisasi BIPA. Hal ini karena selain IAIN Parepare memiliki akses yang baik ke berbagai daerah, insyaallah kami juga memiliki tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman terutama dalam penguasaan bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab yang saya rasa dapat menjadi jembatan awal bagi masyarakat asing yang belum memiliki pemahaman apapun tentang bahasa Indonesia,” tuturnya.

Dalam sosialisasinya Dr. Ganjar Harimansyah menyampaikan berbagai hal terkait program BIPA, mulai dari landasan hukum, tujuan, sasaran, materi hingga metode pembelajaran disertai tips-tips mengajar BIPA yang efektif. Ia juga memaparkan jaringan di BIPA pada kancah internasional yang dapat menjadi sasaran bagi dosen, pegiat BIPA dan mahasiswa IAIN Parepare yang tertarik menjadi pembelajar BIPA di luar negeri. 



“Penting untuk diingat bahwa pemelajar BIPA memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dari segi latar belakang bahasa, budaya dan motivasi belajar. Sehingga sebagai pembelajar tentu saja kita harus mampu menangkap rasa dan apa yang mereka harapkan,” tutup Ganjar.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaaat bagi kami. Ternyata apa yang selama ini menjadi keresahan kami Tim Bahasa telah terjawab, dengan banyaknya program dan produk ke-BIPA-an yang dapat membantu kami untuk mengkokohkan pondasi program BIPA di IAIN Parepare,” ungkap Hj. Nurhamdah, M. Pd. Kepala UPT. Bahasa.


Pada akhir kegiatan Andi Herlina, M.Pd. koordinator BIPA Sulsel menyampaikan langkah-langkah pencatatan jaringan lembaga penyelenggara program BIPA, yang tidak lain agar pemelajar BIPA dapat memperoleh informasi yang akurat tentang lembaga-lembaga penyelanggara program BIPA. Hal ini dapat membantu pemelajar untuk memilih lembaga yang sesuai dengan kebutuhan mereka. (Aw/Srh)


di dalam Berita
ameliawulandari 31 Agustus, 2023