Got Talent di PBAK, Peserta Tampilkan Beragam Bakat

31 Agustus, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Parepare berlangsung di Auditorium IAIN Parepare. Kegiatan yang berlangsung mulai dari tanggal 28 hingga 31 Agustus 2023. Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan pra PBAK.

 Ketua Panitia Muhammad Qadaruddin mengungkapkan pelaksanaan PBAK dilaksanakan untuk memperkenalkan kondisi kampus.

“Kegiatan PBAK diawali dengan Pra PBAK, pada kegiatan ini dipandu langsung oleh mahasiswa IAIN Parepare. Pada sesi ini ada pentas ormawa dan greet and meet mahasiswa baru dengan instruktur yang telah melalui training sebelum pelaksanaan PBAK,” ucapnya.



Di hari kedua dilaksanakan penerimaan dan pengukuhan mahasiswa baru melalui Rapat senat terbuka, kemudian dilanjutkan dengan kuliah tamu Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam PBNU), KH Ulil Abshar Abdalla (Gus Ulil) dengan tema Moderat, Inovatif, Unggul melalui Penguatan Karakter, dilanjutkan kegiatan panel discussion yang dibawakan para wakil rektor dan kepala Unit, mengulas tentang sistem pembelajaran, keuangan, dan program-program unggulan tiap unit di IAIN Parepare.


Hari ketiga kegiatan dipusatkan di Fakultas masing-masing dengan orientasi materi “kiat sukses di perguruan tinggi. Para wakil Dekan memberikan semangat dan tips kepada mahasiswa baru yang dilanjutkan penyampaian materi wakil dekan serta pengenalan Ketua program studi dan profil lulusan.

Hari keempat, kegiatan PBAK dimeriahkan dengan got talent yang diikuti seluruh mahasiswa baru. “Kegiatan PBAK tahun ini fokus pada pencarian potensi mahasiswa baru, saat pendaftaran sudah ada data yang masuk pada panitia terkait prestasi akademik dan non akademik mahasiswa baru, potensi yang ada akan dikembangkan di IAIN Parepare,” jelas Muhammad Qadaruddin yang juga sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Parepare.

Muhammad Ikhsan Alamsyah, salah satu peserta PBAK mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan PBAK ini sangat ini bagus sekali. Selain diberi materi dari dosen juga ada pengenalan organisasi dan penampilan bakat. Hal yang paling penting, saya dapat relasi baru, banyak teman baru dari berbagai daerah,” ucapnya yang merupakan mahasiswa prodi Manajemen Dakwah asal Mamuju.

Di sesi got talent, para peserta PBAK antusias mengikuti enam jenis lomba di antaranya nyanyi solo, tadarus berantai, musikalisasi puisi, orasi ilmiah, cermah, yel-yel. Sebelum lomba dimulai, setiap instruktur mendata mahasiswa baru yang akan ikut lomba, kemudian satu persatu peserta menampilkan potensinya. (q/hyn/mif)


di dalam Berita
Hayana 31 Agustus, 2023