Bertandang ke Bupati Pangkep, Rektor Terima Dukungan Alih Status Jadi Universitas

19 September, 2023 oleh
Suherman

Humas IAIN Parepare --- Rektor IAIN Parepare, Dr. Hannani, M. Ag., bertandang ke rumah jabatan Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) untuk beraudiensi dengan Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau di rumah jabatan bupati Pangkep, Senin (18/9/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Rektor IAIN Parepare mengajukan dukungan kepada Bupati Pangkep atas pengusulan perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi universitas dengan nama UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle. "Secara pribadi dan selaku pemerintah daerah Pangkep, saya mendukung usulan perubahan bentuk IAIN menjadi universitas" kata Bupati merespon permintaan Rektor.

Pertemuan yang berlangsung sekitar setengah jam ini cukup strategis bagi kedua lembaga karena menghasilkan beberapa pembicaraan dan kesepahaman bersama kedua pimpinan. Salah satunya, kesepakatan untuk bekerja sama dan saling membantu, khususnya dalam pengembangan pendidikan dan keagamaan.


"Kami sedang menyiapkan salah satu pulau, yaitu pulau Salemo menjadi kampung wisata religi. Infrastrukturnya sementara kami benahi dan bangun,  seperti gedung dan transportasi ke pulau. Kami ingin masyarakat yang mau belajar agama Islam datang kepulauan itu. Oleh karena itu, kami butuh guru agama /ulama yang terkenal," tutur Bupati kepada Rektor.


Kendala kami sekarang pak Rektor, lanjut Bupati, mencari pimpinan dan guru yang berkualifikasi agama yang mumpuni dan dikenal masyarakat luas. Karena membangun pulau wisata religi, butuh guru / ulama memiliki daya tarik untuk dikunjungi belajar agama Islam. “kami butuh guru /  ulama yang sudah terkenal, agar masyarakat tertarik belajar di sana,” tambah Bupati.

Terhadap gagasan dan rencana tersebut, Rektor IAIN Parepare langsung merespon dan mengapresiasi gagasan Bupati yang di nilainya sebagai sebuah terobosan yang baik karena mengaktualkan kembali spirit pulau Salemo sebagai tempat bersejarah bagi ulama-ulama Sulawesi Selatan dalam menuntut ilmu agama.

"Bagus itu pak Bupati. Salemo adalah pulau yang bersejarah dalam tradisi belajar Islam di Sulawesi Selatan. Pulau Salemo banyak didatangi orang untuk belajar ilmu agama kepada Anregurutta K.H. Abd. Rahim Puang Walli. Banyak ulama-ulama besar yang lahir dan menuntut ilmu agama ke gurutta di pulau Salome tersebut," kata Hannani.

Kalau urusan sumber daya, lanjut Hannani, nanti kami yang bantu carikan guru-guru agama. Kami bisa mengerahkan tenaga SDM dari IAIN Parepare atau pesantren dari Parepare untuk mengelola operasional kegiatan pada wisata religi tersebut, termasuk ustas-ustas yang bisa mengajar agama. Hanya saja, menurut Hannani, pimpinan yang ditunjuk di sana harus berasal dari pesantren.


di dalam Berita
Suherman 19 September, 2023