Budayakan Kendali Mutu, LPM Gelar Audit Mutu Internal

10 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Budayakan Kendali Mutu, LPM Gelar Audit Mutu Internal

Humas IAIN Parepare — Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menggelar Audit Mutu Internal (AMI) di lingkup IAIN Parepare, Rabu, (9/11/2022) di Ruang Perpustakaan Lantai 5. Proses audit dilaksanakan secara terpusat dan dihadiri 10 program studi dan satu lembaga dengan 25 Auditor.

Pembukaan Audit Mutu Internal dibuka langsung oleh Rektor IAIN Parepare, Hannani. Dalam sambutannya, Hannani memberikan apresiasi atas pelaksanaan audit mutu yang dilaksanakan LPM. Menurutnya, melalui audit mutu ini diharapkan menghasilkan rekomendasi untuk ditindak lanjuti di Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan Rencana Tindak Lanjut.

“Untuk mencapai kualitas mutu yang baik, kita butuh tahapan-tahapan proses kendali mutu, salah satunya melalui audit mutu internal semacam ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu Adnan Achiruddin Saleh memaparkan bahwa pelaksanaan Audit Mutu Internal sangat penting untuk memonitoring pengukuran tingkat kualitas mutu pendidikan.

“Karena melalui audit ini kita dapat mengukur kinerja, pencapaian dan mutu yang telah dicapai pada setiap unit kerja dalam lingkup IAIN Parepare,” paparnya.

Lebih lanjut Adnan Achiruddin Saleh mengatakan penting melakukan Audit Mutu Internal untuk dapat mengetahui tingkat keberhasilan setiap program studi menerapkan 9 kriteria standar di perguruan tinggi.

Untuk diketahui, audit ini menyasar 9 kriteria akreditasi. Para auditor menyasar pertanyaan kepada program studi terhadap Kondisi Eksternal UPPS, Profil UPPS, VMTS, Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, SDM C5, Keuangan dan Sarana Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Luaran dan Capaian Tridharma. (mhy/alf)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 10 November, 2022