PkM Dosen FEBI Edukasi Masyarakat melalui Pengenalan Produk Bank Syariah

16 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

PkM Dosen FEBI Edukasi Masyarakat melalui Pengenalan Produk Bank Syariah

Humas IAIN Parepare – Dosen Prodi Ekonomi Syariah IAIN Parepare Arwin dan mahasiswa bekerja sama dengan CSE Bank Syariah Indonesia melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Tasiwalie, Kecamatan Suppa, Pinrang, Rabu (02/11/2022). Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pengajaran, pengetahuan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Desa Tasiwalie yang masih asing tentang bank syariah, termasuk produk-produk yang ditawarkan oleh bank syariah.

Kedatangan tim PkM IAIN Parepare mendapatkan apresiasi dari Sekretaris Desa Tasiwalie Ibnu Awal Hakim. Ia bersyukur karena tim PkM Prodi Ekonomi Syariah dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bank syariah karena masyarakat selama ini masih kurang literasi terhadap bank syariah. Lebih lanjut, ia paparkan selama ini warga Desa Tasiwalie menggunakan produk-produk konvensional dan  menjadi pilihan utama dalam menggunakan jasa perbankan.

Kegiatan PKM tersebut dipandu oleh Rizal, mahasiswa Perbankan Syariah, anggota tim PkM.  Rizal menyampaikan pentingnya masyarakat mengetahui dan paham terkait dengan bank syariah dan perbedaannya dengan bank konvensional.

Arwin mengatakan bahwa bank syariah sangat berbeda dengan bank pada umumnya, karena bank syariah lebih menekankan pada prinsip syariah, yakni berlandaskan Al-Qur’an dan Hadis. Salah satunya mengedepankan  aspek sosial, seperti penyaluran ZIS (Zakat, Infak, Sedekah).

Suharyudi Yanto, praktisi bank syariah, juga memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Bank Syariah Indonesia baru berdiri dan gabungan dari BNI Syariah, BRI Syariah dan Bank Syariah Mandiri, namun telah berada pada posisi ketujuh berdasarkan jumlah asetnya di Indonesia. Ia juga memperkenalkan produk-produk bank syariah, seperti tabungan haji junior, tabungan rencana, gadai syariah, dan BSI KUR. Pada kesempatan tersebut, Ely, masyarakat Desa Tasiwalie mengeluhkan adanya transaksi gadai emas yang lumrah dilakukan oleh masyarakat di toko-toko emas. Keluhan itu dijawab dan dijelaskan oleh Suharyudi Yanto dengan solusi dari produk-produk bank syariah, salah satunya gadai syariah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Desa Tasiwalie ini dibiayai oleh DIPA IAIN Parepare tahun 2022 melalui proses seleksi dan lolos sebagai penerimaan bantuan. Harapan ke depannya agar sosialisasi terkait bank syariah dapat dilakukan ke daerah lain agar masyarakat dapat memahami sepenuhnya terkait dengan bank syariah. (arm/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 16 November, 2022