Buka Kuliah Umum Pacasarjana, Rektor Sebut 4 Orientasi dari IAIN Parepare

31 Maret, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare –Program pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menyelenggarakan Kuliah Umum semester genap tahun akademik 2021/2022.

Kuliah Umum yang dilaksanakan di ruang seminar gedung perpustakaan Lantai 5, Jumat, (1/04/2022) mengangkat tema “Linguistik Al-Quran sebagai kajian sumber”. Seminar tersebut menghadirkan pembicara Dr. Hj. Amrah Kasim, Lc.,M.A ketua jurusan program studi Doktor Dirasah Islamiyah pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

“Tema yang dipilih oleh pascasarjana sudah sangat tepat dan sangat berkaitan dengan orientasi dari IAIN Parepare,” ucap Rektor IAIN Parepare, Ahmad S Rustan.

Meskipun IAIN Parepare berada di bawah naungan atau berafiliasi dengan kementerian Agama tetapi IAIN Parepare berorientasi pada 4 orientasi.

“Bahwa kita Islam yang berkemajuan. Islam Nusantara, Islam Wasathiyah dan Moderasi Beragama,” ungkap Ahmad.


Sehingga semua, kata Ahmad, mendapat tempat atau kesempatan yang sama di IAIN Parepare dengan tidak membeda- bedakan antara yang satu dengan yang lainnya.

Selain itu rektor juga menjelaskan bahwa pada program pascasarjana ini memiliki beberapa keunikan yaitu pendaftaran mahasiswa baru untuk program pascasarjana dibuka setiap semester.

“Tujuannya agar bisa mengakomodir mereka yang belum sempat mendaftar pada semester ganjil, daripada terlalu lama menunggu untuk pendaftaran selanjutnya maka dibukalah pendaftaran pada semester genap ini,” jelasnya.

Dia mencontohkan ada calon mahasiswa yang ingin mendaftar tetapi karena sudah terlambat akhirnya menganggur dan terlalu lama menunggu. Alasan inilah menjadi salah satu penyebab diambilnya kebijakan tersebut.

Rektor juga kembali menjelaskan pada model perkuliahan program pascasarjana kita mengambil sebuah kebijakan dari hikmah selama masa pandemi bahwa perkuliahan pascasarjana ada yang kelas regular dan ada yang virtual.

Dan terakhir rektor berpesan kepada mahasiswa program magister agar jangan berpuas diri hanya sampai pada program magister saja, tetapi juga dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa mengkhawatirkan persoalan biaya kuliah.

“Yakinilah bahwa ketika kita keluar meninggalkan rumah untuk jalan pendidikan, maka di situ akan ada bantuan dari Allah SWT,” pesan Ahmad.

Turut hadir pada kuliah ini, wakil rektor 1, wakil rektor 2, direktur pascasarjana, wakil direktur, ketua program studi pacsarjana, dosen, dan seluruh mahasiswa program pascasarjana IAIN Parepare. (ainy/alf)


di dalam Berita
Nur Aeni K 31 Maret, 2022