Buka Rakornas Forhumas, Dirjen Pendis: Olah Informasi dengan Cerdas

7 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare --- Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani mengingatkan insan Humas PTKIN agar cerdas mengelolah informasi dan isu publik. Pernyataan tersebut disampaikan Dirjen pada Rapat Koordinasi Nasional Forum Humas (Forhumas) PTKIN di UIN Sunan Ampel Surabaya, Senin, (6/2/2023).

"Humas dalam menyuguhkan berita harus cerdas mengelolah informasi, isu publik dan komunikasi kepada masyarakat. Informasi yang disampaikan harus jelas dan dikemas dengan menarik, serta memanfaatkan media digital sebagai media publikasi,” terangnya.

Menurutnya informasi bukan hanya dikemas dalam bentuk naskah tertulis tetapi sudah saatnya didesain dalam bentuk desain grafis, flyer, dan video.

"Generasi milenial kita saat ini, malas membaca dan lebih tertarik video-video singkat ataupun pesan yang dikemas menarik dan praktis," tuturnya. 

Direktur Pendis yang telah berulangkali berkunjung ke IAIN Parepare sejak menjabat menekankan supaya informasi yang dipublikasi ke masyarakat memiliki kesan yang mendalam bagi masyarakat yang mengakses dan membacanya. 
"Apa yang dibaca atau ditonton masyarakat harus berkesan dan memberi makna mendalam, bukan sekadar dibaca," tegasnya.

Ali Ramdhani yang juga Ketua Umum LP Ma'arif NU menegaskan, Humas sebagai etalase PTKIN, harus menyajikan berita yang memiliki halo effect, yaitu berita yang memiliki kesan positif awal sehingga bisa memengaruhi persepsi seseorang atas informasi yang disampaikan.

Lebih lanjut, Ali Ramdani menyampaikan bahwa Humas dalam membuat berita perlu ketenangan dan kesungguhan. "Kesungguhan dan ketenangan sangat dibutuhkan dalam membuat berita. Hindari membuat berita waktu marah, karena kemarahan menghilangkan sebagian kecerdasan,” ujarnya.

Dirjen Pendis berpesan kepada para Humas agar memiliki kemampuan seni, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat digunakan untuk menganalisis kecenderungan. Humas harus mampu memprediksi konsekuensi-konsekuensi, memberikan advis bagi pemangku kepentingan, melaksanakan program yang terencana, menjaga kepentingan Kemenag, maupun kepentingan masyarkat," ulasnya memberi tips.

Sebelumnya, Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA), Akhmad Muzakki selalu tuan rumah juga berkesempatan menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, ia menyampaikan penyuguhan berita itu harus mengetahui sasarannya. 
“Wajah PTKIN yang memiliki prestasi akademik dan nonakademik dikenal karena para Humasnya yang keren dalam menyuguhkan informasi kepada generasi milinial,” ungkapnya.

Kegiatan Rakornas ini diinisiasi oleh Humas Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Ketua tim Humas IAIN Parepare, Suherman turut hadir dalam Forum Humas ini bersama dengan Humas PTKIN se - Indonesia. (shm/tin)

di dalam Berita
Hayana 7 Februari, 2023