Buka Workshop Sinematorgafi KPI, Rektor: Berakhir Setelah Mahir

3 Oktober, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare— Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan Workshop Sinematografi. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, (1-2/10/ 2022) di lantai 3 Perpustakaan IAIN Parepare.

Ketua Prodi KPI Nurhakki mengungkapkan target dari workshop ini adalah para peserta diharapkan mampu membuat berbagai project video profil lembaga, baik internal maupun eksternal kampus, utamanya merevisi video profile kampus IAIN Parepare. Revisi video tersebut nantinya berkerja sama dengan Humas.

“Dalam workshop sinematografi kita menghadirkan narasumber yang ahli dibidang ini, baik secara akademik dan profesional. Beliau Dosen sinematografi di Institut Kesenian Jakarta dan Politeknik Negeri Media Kreatif. Ia juga memiliki banyak pengalaman profesional bidang film maker sehingga sangat memiliki keahlian dalam bidang ini. Kedua, tujuan kita adalah mou dengan production house yang dikelolanya sehingga membuka ruang bagi mahasiswa ke depan untuk bisa melakukan magang industri maupun MBKM bagi mahasiswa yang ingin mendalami audio visual,” jelas Nurhakki.


“Jangka pendeknya adalah kita bisa merevisi video profil IAIN Parepare yang dimentori oleh narasumber yang hadir pada workshop ini,” tambahhnya.

Kegiatan dibuka oleh Rektor IAIN Parepare Hannani yang didampingi oleh A. Nurkidam, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah.

Rektor mengakui pentingnya penguasaan media. “Ini hanya pembukaan, nanti berakhir setelah mahir dalam penguasaan. Untuk bisa menguasai sesuatu, itu butuh perjalanan panjang,” ucap Hannani sebelum membuka kegiatan.

Narasumber kegiatan tersebut adalah Sjamsul Ma’arif, dosen dari Fakultas Film dan Televisi pada Institut Kesenian Jakarta dan Politeknik Negeri Media Kreatif. Berbagai materi dibahas dalam workshop ini, mulai dari urgensi dan prinsip-prinsip produksi sinema dan audio visual, penyutradaraan, berpikir visual dalam sinematografi dan memahami editing (pasca produksi). (Aen/Tin)

di dalam Berita
Nur Aeni K 3 Oktober, 2022