Dapat Bantuan Kinerja Kemenag Toraja, Pesantren Al Hidayah Undang Tim IAIN Parepare Jadi Fasilitator

30 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Dapat Bantuan Kinerja Kemenag Toraja, Pesantren Al Hidayah Undang Tim IAIN Parepare Jadi Fasilitator

Humas IAIN Parepare— Ketua Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare Nurhakki bersama tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa diundang sebagai fasilitator dalam kegiatan training pemanfaatan aplikasi online dalam menunjang proses pembelajaran.

Pelatihan tersebut dilaksanakan atas program Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi (BKBA) yang diberikan oleh Kementerian Agama Toraja ke Pondok Pesantren Al Hidayah Kaduaja.
Direktur Pondok Pesantren Al Hidayah Kaduaja Safruddin menyampaikan rasa terima kasihnya atas hadirnya tim dari Prodi KPI.

Sebelumnya di tahun 2021, tim dari KPI juga telah mendampingi dalam pembuatan website pesantren. Safruddin mengaku hambatan dalam digitalisasi akan ditemui. Namun, pesantren harus melakukan adaptasi.


“Pondok pesantren juga secara bertahap berupaya menguasai teknologi digital,” ucapnya.

Hadir membuka kegiatan Kepala Kantor Kementerian Agama Toraja Usman Senong. Dalam sambutannya, ia menilai pondok pesantren Al Hidayah sangat berkembang, sesuai dengan prinsip kerja Kementerian Agama.

Ia pun memaparkan kehadirannya di Al Hidayah sebagai bukti keberpihakan mendorong kemajuan Al Hidayah yang menaungi tiga madrasah dan satu Raudathul Athfal.

“Pesantren memang dituntut kreatif dan inovatif. Kita memang tidak boleh tertinggal, dan pesantren ini sangat agresif dalam mengadaptasi perkembangan. Terkhusus transformasi digital ini merupakan perkembangan yang diprogramkan oleh kementerian, dan semoga ini juga akan mendorong terciptanya kemandirian pesantren ini. Sebab sudah sangat banyak yang memanfaatkan kreatifitas digital untuk mendapatkan pendapatan,” ucapnya.

“Dan saya juga takjub setelah mengetahui bahwa pesantren ini telah memiliki channel youtube , saat ini Kantor Kementerian Agama Tana Toraja belum memiliki channel youtube . Kami ucapkan terima kasih kepada Prodi KPI atas ketulusannya mendampingi pesantren ini,” tambah Usman, Kepala Kantor Kemenag Toraja.

Kegiatan ini berlangsung mulai, Rabu-Senin (23-28/11/2022) dan diikuti semua guru yang ada di pondok pesantren Al Hidayah Kaduaja.

Salah satu guru yang menjadi peserta, Juherni bersyukur atas hadirnya tim dari IAIN Parepare.

“Pelatihan IAIN sangat luar biasa bagi guru-guru, sangat membantu terkhusus dalam penggunaan teknologi. Adanya pelatihan sangat membantu guru dalam proses pembelajaran, penyampaian materi ke peserta didik akan lebih baik karena ada nya pelatihan aplikasi yang menunjang tercapainya pembelajaran yang efektif. Guru yang berhalangan bisa membuat PPT di website kemudian bisa di akses peserta didik di mana pun. Kami selaku peserta bersyukur sekali adanya pelatihan ini,” terangnya. (hyn/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 30 November, 2022