Direktur Ma’had Al Jami’ah: Problem Baca Al Quran Tuntas dalam 1 Semester

24 Juli, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare— Direktur Ma’had Al Jami’ah IAIN Parepare Budiman mengungkapkan usai pengumuman hasil tes wawancara, warga baru asrama akan masuk dalam asrama.

“Semua peserta yang dinyatakan lulus akan masuk dalam asrama paling lambat tanggal 10 Agustus 2022 dan akan ada penerimaan secara resmi. Terkait pembayaran asrama itu koordinasi keuangan. Belum ada perubahan, masih Rp750.000 per tahun,” ungkap Budiman kepada tim website, Jumat (22/07/22).

Ia juga menerangkan seluruh mahasiswa baru IAIN Parepare termasuk mahasiswa Ma’had.
“Mahasiswa baru itu adalah mahasiswa ma’had, cuma ada yang tinggal di asrama, ada yang tinggal di luar asrama. Perlakuannya sama bahkan nanti ada pengklafikasian baca Al- Qur’an,” tambahnya.

Khusus mahasiswa yang memilih untuk tinggal di asrama tentunya akan mematuhi tata tertib asrama yang disepakati. Selain itu, Budiman mengungkapkan adanya program-program yang wajib diikuti, seperti Pembinaan Baca Al-Qur’an, Pembinaan Tahfizh, Tahsin, Pengkajian Kitab, dan salat berjamaah setiap magrib, isya, dan subuh.

“Salah satu target ma’had, terutama mahasiswa baru, bagi yang kemampuan membaca Al-Qur’annya belum cukup, itu nanti targetnya paling lambat semester 2 sudah selesai. Bahkan kita mendorong nanti selama semester 1 (6 bulan) problem baca Al-Qur’annya sudah selesai,” ucap Budiman.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa semester 3 mahasiswa tersebut sudah bisa mendapatkan sertifikat Ma’had yang isinya mencakup tiga hal.
“Baca Al-Qur’annya sudah bagus dengan standar minimal, bacaan salatnya, dan hafalan Al- Qur’an. Ini menjadi kewajiban seluruh mahasiswa,” terang Budiman. (Aen/tin)



di dalam Berita
Nur Aeni K 24 Juli, 2022