Diundang IAIN Sorong, Dosen Prodi PBI Nurul Hasanah Bagi Tips Penulisan Abstrak

16 Oktober, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggri (PBI), Nurul Hasanah, M.Pd., menjadi salah satu pembicara eksternal pada kegiatan National Workshop “Writing Paper for International Conference” yang digelar secara virtual oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Kamis (12/10/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan melalui zoom tersebut ramai dihadiri oleh para dosen IAIN Sorong dan peserta workshop (didominasi oleh mahasiswa dan alumni yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti konferensi internasional).

Sebagai pembicara dari IAIN Parepare, Nurul Hasanah memaparkan judul materi "How to Write a Confincing Abstract". Materi tersebut, terkait perannya sebagai salah satu editor di jurnal sinta 4 Inspiring: English Education Journal. Ia pun berbagi pengalaman dan pemahamannya mengenai penulisan abstrak yang menarik, termasuk berbagi tips menghindari kesalahan umum yang sering ditemui pada penyusunan abstrak.


“Abstrak itu terdiri dari unsur, latar belakang, tujuan penelitian, metodologi, hasil, dan simpulan. Cukup satu atau dua kalimat latar belakang. Banyak penulis terkadang skip latar belakang. Mereka langsung ke tujuan penelitian. Ini yang perlu diperhatikan,” ujar Nurul Hasanah kepada peserta workshop.

Menurut Kepala Pengembangan Bahasa IAIN Sorong, Misnariah Idrus, M.A, kehadiran pembicara dari berbagai kampus ini melengkapi kegiatan workshop yang mereka adakan. Ia pun menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkenan mendukung kegiatan tersebut.

“Saya mewakili IAIN Sorong sangat berterima kasih atas seluruh paparan materi yang sangat bermanfaat. Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan ke depannya,” ungkapnya.

Senada dengan itu, di sela-sela paparan materinya, Nurul Hasanah juga menyampaikan harapannya untuk dapat kembali melaksanakan kolaborasi serupa dengan kampus IAIN Sorong.

“Senang bisa diajak berkolaborasi di seminar nasional ini, berharap ini membuka peluang banyak kolaborasi ke depannya,” tuturnya. (mm/Tin)


 

 


di dalam Berita
muajizmuallim 16 Oktober, 2023