Sao Jurnal IAIN Parepare Gelar Kegiatan Indeksasi Jurnal Internasional

14 Oktober, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare---Sao Jurnal Pusat Publikasi dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IAIN Parepare menggelar kegiatan Indekasasi Jurnal Internasional. Kegiatan yang berpusat di Lantai 4 Gedung Perpustakaan IAIN Parepare diikuti oleh seluruh pengelola jurnal dalam lingkup IAIN Parepare. Sabtu (14/10/2023)

Kegiatan ini menghadirkan pemateri Ahsan Yunus, Ketua Publication Management Unit FH Unhas. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LP2M, Sekretaris LP2M, Kepala Pusat dalam Lingkup IAIN Parepare, dan peserta.

Pada sambutannya, Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan, M. Majdy Amiruddin, berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan dapat diaplikasikan pada jurnal masing-masing.

Ketua LP2M, M. Ali Rusdi, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan program diktum. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, Jurnal IAIN Parepare tidak hanya terindeks Sinta tetapi juga Scopus.



"Alhamdulillah progres artikel Kita terutama Scopus naik dari angka 0 menjadi 72, yang tentu saja hal ini diikuti dengan harapan semoga reputasi kampus ini dapat setara dengan kampus yang lainnya terutama dalam hal publikasi. Persoalan kita belum ada yang terindeks Sinta 2 bahkan Scopus. Kami yakin narasumber akan banyak membantu dan memfasiliasi untuk melakukan perbaikan dan evaluasi sebelum kita melakukan submit," jelasnya.

M. Ali Rusdi juga mengapresiasi para pengelola jurnal yang telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas Jurnal IAIN Parepare. Ia berharap para pengelola jurnal dapat meningkatkan animo penulis untuk submit di Jurnal IAIN Parepare.



Ahsan Yunus, pemateri dalam kegiatan ini, menyampaikan materi tentang strategi terindeksasi pada Jurnal Internasional. Ia menyampaikan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengelola jurnal untuk meningkatkan peluang terindeksasinya di basis data internasional, diantaranya adalah kualitas artikel, tata kelola jurnal, dan promosi jurnal.



Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dan diikuti oleh sekitar 16 peserta. Peserta berasal dari berbagai pengelola jurnal yang terakreditasi di lingkungan IAIN Parepare. (Fzs/Srh)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 14 Oktober, 2023