Dorong Mahasiswa Publikasi Karya Ilmiah, LP2M Gelar Workshop Teknis Sitasi Jurnal

9 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- Jurnal ilmiah merupakan karya ilmiah yang membuktikan kebaruan pengetahuan seseorang. Jurnal ilmiah juga menjadi salah satu aspek dalam pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan jika pembahasan pada aspek individual, jurnal ilmiah menjadi aset ilmiah yang dimiliki seorang peneliti. Dalam kaitannya dengan verifikasi data yang dapat membuktikan kelayakan dan akuntabilitas dari jurnal ilmiah, maka kata “sitasi” berada pada garda terdepan.


Hal tersebutlah yang mendasari LP2M IAIN Parepare terus berupaya untuk meningkatkan sitasi jurnal di IAIN Parepare. Tidak hanya itu, sitasi juga meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat jurnal karena telah terlatih dalam pemilihan sumber referensi. Terlihat dari kegiatan yang baru-baru ini digelar oleh LP2M IAIN Parepare.

Melalui Workshop Teknik Peningkatan Sitasi Jurnal IAIN Parepare, LP2M IAIN parepare mengundang peserta dari Forum Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa (FORKIM) IAIN Parepare. Kegiatan berlangsung di Gedung Perpustakaan IAIN Parepare tepatnya, pada lantai IV pada hari Rabu, 8 Februari 2023.

Sebagai pemateri, Ketua LP2M Dr. M. Ali Rusdi.S.Th.I., M.HI. menyampaikan harapan besarnya pada mahasiswa untuk terjun pada dunia penelitian, terutama yang telah bergabung sebagai anggota FORKIM untuk menargetkan tugas akhir berupa publikasi jurnal ilmiah. “Saya harap jangan lagi menjadikan skripsi sebagai tugas akhir Anda, tapi harus berupa jurnal ilmiah yang terpublikasi”, jelas Ali Rusdi.

Selanjutnya M. Ali Rusdi menyampaikan FORKIM bukan hanya organasisasi seremonial, tetapi diharapkan berbasis outcome dan ditargetkan setiap tahun mampu menghasilkan buku dan publikasi lainnya. “Kami inginkan agar FORKIM ini tidak hanya menjadi organisasi yang produktif dalam karya ilmiah, melainkan juga berupa buku dan karya tulis yang harus dipublikasikan”, terangnya.

Lebih lanjut, LP2M mengingatkan agar FORKIM selalu produktif menghasilkan karya publikasi ilmiah baik opini koran, artikel, jurnal dan buku, serta mendiseminasikan berbagai perspektif dan ide-ide kreatif yang tidak hanya melalui seminar nasional tetapi juga internasional, seperti yang telah dilaksanakan pada kegiatan beberapa waktu lalu yaitu ICONIS yang merupakan presentasi bertaraf internasional dengan penyelenggara LP2M IAIN Parepare. (fzs/Suh/Sr)







di dalam Berita
Hayana 9 Februari, 2023