Perkuat Peran dan Fungsi Gugus Mutu, LPM Gelar Rakor dengan Tim Gugus Mutu Lingkup IAIN Parepare

9 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Tim Gugus Mutu Fakultas (GMF) dan Gugus Mutu Program Studi (GMP) lingkup IAIN Parepare, Kamis, (09/02/2023) Kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan LPM.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua LPM Muhammad Qadaruddin, Sekertaris LPM Islamul Haq, didampingi Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu Adnan Achiruddin Saleh, Ketua GMF beserta sekertaris, dan Ketua GMP. 

Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu Adnan Achiruddin Saleh mengatakan tujuan utama kegiatan ini dalam rangka penguatan fungsi dan tugas Tim Gugus Mutu. 

"Tim Gugus Mutu merupakan komponen penting bagi jalannya Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) secara khusus di tingkat fakultas, maka perlu kita maksimalkan tugas dan fungsinya dalam rangka mendorong kesesuaian standar yang ada, "ungkapnya.

Lebih lanjut, Adnan Achiruddin Saleh mengatakan ada dua laporan yang selalu diperlihatkan saat akreditasi yaitu laporan Audit Mutu Internal (AMI) dan Monitoring dan Evaluasi (Monev). Namun, hal ini dapat berjalan maksimal apabila ada evaluasi yang dilakukan oleh Tim Gugus Mutu.

Pada kesempatan tersebut, Tim Gugus Mutu diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang teknis pelaksanaan Monev. Salah satu poin penting yang menjadi perhatian bersama yaitu adanya sinergi dan kerja sama antara GMF, GMP, dan program studi dalam proses monitoring dan evaluasi standar mutu.

Untuk diketahui tugas GMF dan GMP sesungguhnya melakukan evaluasi agar ada kesesuaian antara standar mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan pelaksanaan di lapangan. Tujuan penjaminan mutu tersebut guna memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan, untuk mewujudkan visi dan misi PT, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi (Mhy).


di dalam Berita
Hayana 9 Februari, 2023