Dorong Mahasiswa Studi Lanjut, P2MKMA Kolaborasi UPT Bahasa Lakukan Pendampingan

4 Agustus, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare — Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni (P2MKMA) LPM kolaborasi dengan UPT Bahasa dalam pendampingan mahasiswa guna mendukung mahasiswa dan alumni untuk lanjut studi.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 3-4 Agustus 2022 di Pusat Bahasa IAIN Parepare dan diikuti sebanyak 27 mahasiswa dan alumni.

Kegiatan P2MKMA sendiri fokus pada pendampingan bagaimana trik dan tips lolos beasiswa LPDP, sementara UPT Bahasa secara khusus melaksanakan program pengembangan bahasa yakni IELTS Preparation.

Kepala P2MKMA, Mahyuddin mengatakan kegiatan ini dirancang dalam rangka mendorong pengembangan karier mahasiswa dan alumni termasuk untuk memenuhi salah satu layanan mahasiswa di perguruan tinggi.

“Salah satu layanan mahasiswa yang paling dicari saat akreditasi adalah layanan kesejahteraan mahasiswa dan alumni seperti informasi terkait beasiswa dan bagaimana mereka berkarier saat selesai studi,” ungkapnya.


Mahyuddin mengungkapkan bahwa P2MKMA saat ini tengah membentuk tim satuan tugas (Satgas) Career Development Center (CDC) atas petunjuk dan arahan pimpinan institut. Hal ini dimaksudkan bagaimana IAIN Parepare memberikan pelayanan terbaik yang seharusnya diberikan kepada mahasiswa.

Untuk diketahui, P2MKMA merupakan perubahan nomenklatur Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa pada LPM. Perubahan nomenklatur tersebut dilakukan guna mendukung program dan layanan mahasiswa oleh institut lebih baik pada tahun-tahun mendatang.

Sejalan dengan perubahan pusat itu, P2MKMA bersama tim saat ini juga tengah mengembangkan Aplikasi bernama SITUJU (Sistem Informasi Mutu Pembelajaran Unggul).

Layanan ini diperuntukkan kepada mahasiswa yang akan diwujudkan dalam bentuk layanan bidang penalaran dan soft skill, minat dan bakat, advokasi dan bantuan hukum, bimbingan konseling, beasiswa, kesehatan, survei kepuasan, serta pengembangan karir dan kewirausahaan.

Melalui program ini mahasiswa dan alumni diharapkan bersinergi dan berpartisipasi. Apalagi semua bentuk layanan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa maupun alumni.(Aen/Mhy)


di dalam Berita
Nur Aeni K 4 Agustus, 2022