Dosen dan Alumni IAIN Parepare Lulus Seleksi Beasiswa Non-Degree Kemenag PPBA 2022

24 Januari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare-Pendaftaran dan Seleksi penerimaan peserta Program Pengembangan Bahasa dan Akademik (PPBA) dibuka oleh Kementerian Agama pada tanggal 12-18 Desember 2022. PPBA adalah salah satu program non-degree Kementerian Agama tahun 2022 untuk mempersiapkan peserta lanjut studi S-2 dan S-3.

Program ini menyasar dosen, guru, ustaz, tenaga kependidikan, alumni, dan pegawai Kemenag. ASN dan non-ASN dipersilakan bersaing untuk beasiswa fully funded ini.

Animo calon peserta sangat besar. Dalam 7 hari rentang waktu pendaftaran, terdata sebanyak 1.003 formulir terkumpul pada link Google Form yang dibagikan panitia. Namun, yang berhasil lulus hanya sebanyak 149 orang, termasuk di antaranya adalah 2 dosen dan 1 alumni IAIN Parepare. Nurul Hasanah, M.Pd. dosen bahasa Inggris (PBI), St. Fauziah, M.Hum. dosen bahasa Arab (BSA), dan Siti Sri Cahyani, S.Pd. alumni (PBI) angkatan 2014.

Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) yang memberikan pelatihan Bahasa Inggris ada 4, yaitu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan UIN Walisongo Semarang, sedangkan PTP untuk bahasa Arab ada 2 yaitu UIN Malauna Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nurul dan Cahyani menjalani PPBA di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sedangkan Fauziah di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 pekan dari tanggal 23 Desember 2022 hingga 13 Januari 2023.

Cahyani berharap makin banyak alumni IAIN Parepare yang bergerak menjemput kesempatan, karena tiap tahun banyak program non-degree seperti ini yang ditawarkan Kemenag.

“Semoga ke depan makin banyak alumni yang mengikuti kegiatan serupa,” ujar Cahyani.

Sementara, Nurul sangat bersyukur bisa jadi peserta terpilih, “Kesempatan berharga untuk bisa fokus persiapan lanjut studi,”ungkapnya. (nrh/tin)

di dalam Berita
Hayana 24 Januari, 2023