Dosen FEBI Literasi Keuangan Syariah di Padaelo

10 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Dosen FEBI Literasi Keuangan Syariah di Padaelo

Humas IAIN Parepare – Bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan sosialisasi keuangan syariah pada ibu rumah tangga di Padaelo, Kelurahan Lemoe, Kota Parepare, Minggu (06/11/2022), Dosen Prodi Ekonomi Syariah IAIN Parepare Dian Resky Pangestu bekerja sama dengan CSE Bank Syariah Indonesia melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Kegiatan ini membahas literasi keuangan syariah, termasuk produk-produk yang ditawarkan oleh bank syariah untuk kalangan ibu rumah tangga. Selain itu, kegiatan ini juga didampingi Ketua Prodi Ekonomi Syariah Umaima bersama Nur Aefih Juhri, Mahasiswi Ekonomi Syariah.

Pengabdian kepada Masyarakat yang dibiayai oleh DIPA IAIN Parepare tahun 2022 ini mendapatkan sambutan baik dari Ketua RW Padaelo H. B. Effendy. Ia mengatakan bahwa pemahaman ibu rumah tangga terkait lembaga keuangan masih sangat minim.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa warga Padaelo hanya mengenal satu lembaga keuangan, yaitu Pegadaian dan warga menggunakan produk-produknya saat membutuhkan.

Dian Resky Pangestu mengatakan bahwa ibu rumah tangga merupakan unsur penting dalam mengelola keuangan rumah tangga. Hal ini terkait dengan keputusan penggunaan dan pengelolaan keuangan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti bayar sekolah dan investasi. Di mana pengelolaannya mayoritas dipegang oleh istri sebagai ibu rumah tangga. Kemudian, Dian menjelaskan bahwa lembaga syariah sangat berbeda dengan lembaga keuangan konvesional pada umumnya. Salah satunya pada akad tabarru’ yang mengandung unsur tolong-menolong.

Suharyudi Yanto selaku Praktisi Bank Syariah Indonesia (BSI) Parepare memperkenalkan kepada ibu-ibu rumah tangga di Padaelo bahwa Bank Syariah Indonesia gabungan dari BNI Syariah, BRI Syariah dan Syariah Mandiri. Ia juga memperkenalkan produk BSI seperti tabungan haji junior, gadai syariah, gadai emas, cicil emas, tabungan rencana, dan BSI KUR.

Harapan ke depannya agar sosialisasi terkait keuangan syariah dapat dilaksanakan di berbagai tempat agar masyarakat memiliki kemampuan literasi keuangan syariah. (arm/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 10 November, 2022