Dosen & Mahasiswi KPI, Latih Siswa SMP Jadi Content Creator

30 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Dosen & Mahasiswi KPI, Latih Siswa SMP Jadi Content Creator

Humas IAIN Parepare— Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare, Hayana bersama Nurmaya (Mahasiswi KPI IAIN Parepare) berkolaborasi melaksanakan pelatihan content creator dan Edukasi Media Sosial (30/11/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 13 kelurahan Bacukiki kota Parepare. Pelatihan ini terlaksana atas bantuan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dalam program pengabdian masyarakat tahun 2022.

Hayana menjelaskan dipilihnya siswa SMP menjadi target peserta dikarenakan anak remaja yang mulai tertarik aktif dalam berbagai sosial media.

“Para siswa SMP perlu dibekali bagaimana menjadi content creator yang kreatif tapi tetap sopan. Makanya juga diselipkan edukasi media sosial. Agar anak-anak ini tidak mengupload konten negatif yang bisa merugikan dirinya sendiri ataupun pengguna sosial media lain,” ucapnya.

Nurmaya dalam materinya berpesan kepada peserta pelatihan agar memperhatikan diri dalam bersosial media.
“Ada tiga hal yang perlu diingat. Pertama, tidak over sharing data diri/pribadi, kedua tidak asal menyebar konten seperti konten pornografi atau konten yang dapat memecah berbagai pihak dan ketiga tidak menyebarkan berita bohong (hoax),” jelasnya.

Terlihat para siswa sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini khususnya dalam sesi teknik pengambilan video menggunakan smartphone.


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 30 November, 2022