Dua Dosen IAIN Parepare Ikuti Kongres Ulama Perempuan

28 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Dua Dosen IAIN Parepare Ikuti Kongres Ulama Perempuan

Humas IAIN Parepare – Dua dosen IAIN Parepare Hj. Rusdaya Basri, dan Rahmawati menjadi delegasi dalam perhelatan akbar Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II.

Kegiatan yang digelar di UIN Walisongo, Semarang dan Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari, Jepara pada, Rabu-Sabtu (23-26/11/2022) diikuti lebih 1000 peserta dari 31 negara.

KUPI merupakan gerakan yang melahirkan ide-ide dan gagasan semangat keadilan. Ide dan gagasan inilah yang dimusyawarahkan dan dikukuhkan dalam kongres. Kegiatan Internasional Conference dilaksanakan di Auditorium UIN Walisongo Semarang, sementara kegiatan kongres yang mengangkat berbagai persoalan keislaman dan kemanusiaan dilaksanakan di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari, Jepara pada, Kamis-Sabtu (24-26/11/ 2022).

Kongres tersebut mengusung tema yang merupakan kelanjutan dari tema pada KUPI I yang digelar pada tahun 2017 di Cirebon, Jawa Barat. Meskipun isunya sama, namun KUPI II lebih menyorot tema “Meneguhkan Peran Ulama Perempuan untuk Peradaban Berkeadilan”.

Tema ini diangkat untuk memberikan penguatan betapa pentingnya peran ulama perempuan untuk mewujudkan hidup yang beradab dan Islam yang Rahmatan lil Alamin.

Rahmawati, peserta kongres, juga Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare, saat dikonfirmasi mengakui sangat bangga mengikuti kegiatan seperti ini. Ia dapat menambah kompetensi dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat terutama dalam isu-isu keislaman.

“Hakikatnya, ulama perempuan itu bukan hanya secara biologis perempuan, melainkan siapa saja baik laki-laki maupun perempuan yang menaruh perhatian dan peduli serta fokus bekerja nyata pada isu-isu keislaman, kebangsaan, kemanusiaan dan juga kesemestaan,” ujarnya.

Kegiatan ini didukung penuh oleh berbagai organisasi keagamaan seperti Rahima, Gusdurian, Fahmina, Alimat, Aman Indonesia dan beberapa sponsor lainnya. (Da/Mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 28 November, 2022