Dua Mahasiswa Prodi AKS Lolos Program Magang Sevima

8 September, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare– Senin (05/09/2022) IAIN Parepare resmi meluncurkan logo kurikulum Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertepatan dengan Pembukaan Kuliah Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023. Peluncuran logo MBKM IAIN Parepare dapat menjadi bukti kesiapan IAIN Parepare dalam menjalankan delapan program MBKM yang ada di kurikulum tersebut.

Pada peluncuran logo MBKM tersebut, Rektor IAIN Parepare berpesan agar mahasiswa mampu meningkatkan kompetensi hardskill dan softskill agar mampu bersaing di dunia kerja.

Semangat mengikuti program MBKM juga ditunjukkan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare. Dua orang mahasiswa dari Program Studi Akuntansi Syariah (AKS), yaitu Muhammad Yasin dan Yusma Wulandari sukses mengikuti program magang di PT. Integra Teknologi Solusi Surabaya (Sevima Group) dan PT. Sentra Vidya Utama di Surabaya.

Kedua mahasiswa yang terpilih tersebut merupakan mahasiswa pilihan dari prodi Akuntansi Syariah yang memiliki kemampuan akuntansi yang mumpuni sehingga layak untuk terpilih. Keduanya dikabarkan akan berangkat ke Surabaya pada 9 September 2022 mendatang, untuk memulai Program magang pada 12 September 2022 selama enam bulan ke depannya.

Saat dihubungi melalui WhatsApp, mereka menyampaikan persiapan dan harapan atas magang ini ke depan.

Persiapan kami terbilang cukup banyak, mulai dari kesiapan kesehatan fisik dan mental, pengetahuan tentang akuntansi hingga kesiapan berkas dan biaya kami ke sana. Kami merasa sangat bersyukur dan senang sekali dapat lolos pada Program MBKM. Ini merupakan doa orang-orang terdekat kami, dan juga bimbingan ketua prodi kami yang selalu membimbing pada saat proses seleksi Magang MBKM ini,” ujar Muhammad Yasin. “Harapan kami semoga adanya program MBKM ini dapat meningkatkan akreditasi prodi kami, Akuntansi Syariah (AKS), juga kami berharap setelah magang di kantor Sevima kami bisa dipanggil kembali sebagai pegawai tetap di sana,” harapnya.

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran Kaprodi Akuntansi Syariah Andi Ayu Frihatni S.E., M.Ak.,CTA., ACPA, yang selalu memberikan arahan dan pembinaan agar dapat mengikuti program magang di Sevima.

Saat dihubungi melalui WhatsApp, Andi Ayu Frihatni menyampaikan adanya harapan agar kedua mahasiswa tersebut dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki sekaligus dapat menambah wawasan terjun langsung di lapangan.

“Harapan terbesar saya, semoga mereka bukan hanya sekadar magang melainkan mereka bisa bekerja di tempat tersebut, mengingat industri sekarang sudah jarang yang mau melatih karyawan barunya,” tuturnya.

Program-program yang terdapat pada MBKM, tentunya memiliki peluang untuk dapat meningkatkan grade akreditasi perguruan tinggi ataupun program studi. Semoga ke depan semakin banyak industri yang memberikan peluang bagi mahasiswa-mahasiswa IAIN Parepare untuk berkontribusi pada program-program MBKM. (Aen/Arm)


di dalam Berita
Nur Aeni K 8 September, 2022