Realisasi Kerja sama dengan Lembaga Eksternal, IAIN Parepare Fasilitasi ANBK

8 September, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare— Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai realisasi kerja sama IAIN Parepare dengan lembaga eksternal atau Satuan Pendidikan berjalan lancar. Kali ini, peserta ANBK diikuti oleh santri dari Pondok Pesantren Zubdatul Asrar kota Parepare.

TIPD (Teknologi Informasi Pangkalan Data) IAIN Parepare selaku unit pengembang dan pengelola IT IAIN Parepare membantu menyiapkan infrastruktur IT yang dibutuhkan dalam proses ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) tersebut.

“Kebutuhan ANBK ini cukup kompleks, mulai dari internet, server ujian, komputer klien untuk ujian siswa, implementasi dan konfigurasi aplikasi ujian, panduan penggunaan serta pendampingan ujian,” terang Sufyaldy, Kepala TIPD IAIN Parepare.

Selain realisasi kerja sama dengan lembaga eksternal, pelaksanaan ANBK ini sekaligus bentuk konkret pengabdian kepada masyarakat yang membutuhkan akses terhadap informasi tetapi belum memiliki sumber daya dan infrastruktur yang memadai.

Dilansir dari portal https://anbk.kemdikbud.go.id/ , Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.


“Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar,” terang Sufyaldi.

Wakil Rektor III IAIN Parepare Dr Kamal Zubair mengungkapkan ANBK ini merupakan prosesi ujian yang berbasis komputer yang harapannya membantu siswa untuk mengukur kemampuan dan kompetensinya untuk persiapan menjadi mahasiswa.

“Alhamdulilah ini merupakan implementasi kerja sama dengan lembaga eksternal dalam hal ini pondok pesantren. Semoga IAIN Parepare dapat menjadi mitra strategis untuk pelaksanaan UNBK selanjutnya,” harapnya.

Sementara, Irfan Operator Pondok Pesantren Zubdatul Asrar Kota Parepare mengungkapkan ANBK ini akan berlangsung selama dua hari mulai, Rabu-Kamis (07-08/09/2022) dengan diikuti 13 santri kelas VIII.

“Kami dari pengelola pesantren tentunya mengucapkan banyak terima kasih dalam hal ini Rektor IAIN Parepare Dr. Hannani yang sudah mengizinkan untuk menggunakan fasilitas yang ada di kampus, tidak lain tujuannya meningkatkan mutu pendidikan khususnya di pondok pesantren,” ucapnya saat ditemui di lokasi pelaksanaan ANBK, lantai 4 Gedung Perpustakaan, Rabu (07/09/2022). (Aen/Tin)

di dalam Berita
Nur Aeni K 8 September, 2022