Dukung Ekonomi Nasional: Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan IAIN Parepare, Gelar Rapat Perdana Program Pelatihan Kewirausahaan bagi Mahasiswa

13 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Pelatihan kewirausahaan diharapkan dapat membuka peluang masyarakat menjadi pelaku UMKM. Hal ini dilihat oleh Rektor IAIN Parepare sebagai sebuah cara, bagaimana mendidik mahasiswa yang tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, melainkan juga mampu melihat peluang dalam bidang kewirausahaan.



Menindak lanjuti arahan Rektor IAIN Parepare Dr.Hannani, M. Ag., Kepala Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan Mahasiswa Abdullah Thahir, M.Si. programkan Pelatihan Kewirausahaan untuk membentuk jiwa entrepreneur bagi mahasiswa. 

Bertempat di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) pada Senin, 13/2/2022, telah dimulai rapat awal yang membahas terkait teknis dan bentuk pelaksanaan kegiatan kedepannya. Rapat ini dihadiri oleh ketua LP2M, Kepala Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan dan Panitia Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa. 

Pada rapat tersebut Dr. M. Ali Rusdi, S.Th.I., M.HI. Ketua LP2M IAIN Parepare menyatakan kegiatan yang diprogramkan tidak hanya sekadar kegiatan. 

“Rektor mengharapkan dalam kegiatan ini bisa menghasilkan entrepreneur dari kalangan mahasiswa, dan juga kegiatan ini tidak sebatas hanya memberikan sertifikat namun harus terdapat hasil yang nyata” terang M. Ali Rusdi.

“Secara praktik telah banyak mahasiswa yang telah berwirausaha, namun kita perlu mengorganisir kembali dan memberikan pemahaman serta ilmu baru. Bagaimana melakukan branding usaha yang dimulai, sehingga bisa memiliki nilai jual dan laku di pasaran. Bahkan mahasiswa kita dalam meneliti itu banyak yang memasukkan usahanya sebagai bahan penelitian, hal ini menegaskan bahwa mahasiswa kita secara praktik berwirausaha sudah tumbuh tinggal kita arahkan agar bisa lebih menghasilkan untuk mereka tentunya”, tambah M. Ali Rusdi.

Lebih lanjut, Kepala Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan Abdullah Thahir mengungkapkan harapan besarnya pada kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa ini.

“Saya berharap semoga kegiatan yang kita perjuangan bersama ini mampu menggait bibit-bibit pengusaha dari kalangan mahasiswa kita. Bagaimana kita bisa memberikan edukasi kepada mereka, dan mengarahkan mereka menjadi pelaku usaha yang bisa menghasilkan serta menopang perekonomian mereka sendiri” kata Abdullah Thahir.

Abdullah Thahir juga menyampaikan pesan Rektor agar 10% dari 8000 mahasiswa di IAIN Parepare dapat menjadi pengusaha, dengan tujuan agar para alumni yang tercetak dari IAIN Parepare mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri di daerah masing-masing.

"Segala peluang harus dimanfaatkan, karena pemerintah telah menyiapkan sektor yang bersedia bekerjasama dalam mengembangkan entrepreneur di kampus IAIN Parepare. Oleh karena itu kegiatan ini merupakan langkah awal kita dalam mencari dan mengarahkan entrepreneur terkhusus di kalangan mahasiswa” tutup Abdullah Thahir. (fzs/Sr)



di dalam Berita
Hayana 13 Februari, 2023