Dukungan Alih Status Jadi UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle Terus Bertambah, Kali ini Datang dari Bupati Pinrang

4 Agustus, 2023 oleh
Suherman


Humas IAIN Parepare --- Tekad civitas academica mengusulkan perubahan bentuk atau alih status dari IAIN Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Anregutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle terus memperoleh dukungan dari berbagai pihak dan stakeholder. Kali ini datang dari Pemerintah Daerah kabupaten Pinrang yang disampaikan langsung Bupati Pinrang, H. Andi Irwan Hamid.

“Insya Allah, saya selaku Pemerintah Daerah kabupaten Pinrang menyambut baik dan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap usulan perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi Universitas,” kata H. Irwan Hamid saat menerima kunjungan Rektor IAIN Parepare dan rombongan di ruangan kerjanya, Jumat (4/8/2023). “Kami akan mendukung pak Rektor,” tegasnya.

“Untuk pernyataan dukungan secara resmi, nanti saya buatkan surat rekomendasi dukungan dengan segera memerintahkan staf untuk menyiapkan. Insya Allah akan selesai secepatnya,” kata H. Andi Irwan Hamid merespon cepat permintaan Rektor IAIN Parepare, Dr. Hannani, M.Ag. yang memaparkan maksud dan tujuan kedatangannya pada awal pembicaraan dengan Bupati Pinrang.

“Izin pak Bupati, kami sedang mengusulkan perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dan alhamdulillah, minggu lalu kami sudah melapor dan memperoleh izin dari Dirjen Pendidikan Islam untuk mengajukan usulan perubahan tersebut. Oleh karena itu, kami berharap bapak Bupati selaku pemerintah daerah memberikan dukungan terhadap usulan perubahan bentuk tersebut,” kata Hannani.

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan usulan penggunaan nama Anregurutta Abdul Rahman Ambo Dalle sebagai nama baru saat menjadi UIN. Terhadap usulan penamaan ini, Bupati Pinrang kelihatannya respek dan memberikan persetujuan yang ditunjukkannya secara non verbal melalui anggukan dan kata-kata singkat mengiyakan.


Pernyataan dukungan dari Pemerintah Daerah kabupaten Pinrang, tentu saja menunjukkan perhatian dan kepedulian dari sosok H. Andi Irwan selaku Bupati Pinrang terhadap pengembangan dan kemajuan dunia pendidikan, termasuk IAIN Parepare. Apa lagi, IAIN Parepare dikenal sebagai perguruan tinggi pilihan utama bagi masyarakat Pinrang untuk melanjutkan pendidikannya.

Perbincangan Rektor dengan Bupati Pinrang juga sempat mendiskusikan perihal kemungkinan dan peluang IAIN Parepare melakukan pengembangan kampus di wilayah kabupaten Pinrang sebagai lokasi kampus baru. H. Andi Irwan Hamid nampaknya membuka diri dan menyatakan perlu kajian mendalam dan pertimbangan dari dinas-dinas terkait terhadap ide tersebut.  

Sementara itu, pemberian dukungan Bupati Pinrang terhadap alih status IAIN menjadi UIN, memperoleh apresiasi positif dari salah tokoh pemuda Pinrang, Abdul Rasyid. “Saya bersyukur dan mengapresiasi atas respon positif dari pemerintah daerah. Hal tersebut membuktikan bahwa Bupati Pinrang memiliki perhatian tinggi terhadap dunia pendidikan. Khususnya bagi IAIN Parepare yang cukup berkontribusi terhadap pendidikan masyarakat Pinrang selama ini,” kata Abdul Rasyid saat dimintai tanggapannya.

di dalam Berita
Suherman 4 Agustus, 2023