Elearning IAIN Parepare Peringkat 2 Nasional dan Teraktif  di Luar Pulau Jawa

7 September, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare - Learning Management System atau LMS  IAIN Parepare menduduki peringkat ke-2 yang paling aktif di seluruh Indonesia, berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui website resmi mereka pada hari rabu (06/09/2023).

Data yang diperoleh dari https://spada.kemdikbud.go.id/ menunjukkan prestasi gemilang dari LMS IAIN Parepare dalam mendukung pembelajaran online dan manajemen sistem akademik. Posisi ini memperlihatkan dedikasi dan komitmen IAIN Parepare dalam memajukan pendidikan melalui teknologi digital di seluruh negeri.

Peringkat ke-2 ini menjadikan LMS IAIN Parepare sebagai yang teraktif di seluruh di luar Pulau Jawa serta seluruh kampus PTKIN , menyalip banyak institusi pendidikan lainnya di wilayah yang sama dan di lingkup Kementerian Agama. Ini adalah prestasi yang membanggakan bagi institusi pendidikan tinggi ini, yang telah dan terus berinvestasi dalam teknologi pembelajaran dan e-learning.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian ini, dan ini adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama dari semua dosen, tenaga kependidikan mahasiswa dan seluruh mitra. Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran online dan manajemen sistem kami. Mes sudah mencapai peringkat ke-2, IAIN Parepare tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan sistem manajemen pembelajaran mereka demi memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi mahasiswa dan dosen mereka. " kata Rektor IAIN Parepare

Kyai Hannani  juga mengundang semua pihak yang tertarik untuk berkolaborasi dengan IAIN Parepare dalam upaya meningkatkan pendidikan di Indonesia melalui teknologi. "Kami terbuka untuk kerja sama dan berbagi pengalaman dengan institusi-institusi pendidikan lainnya yang ingin mengembangkan sistem e-learning yang efektif untuk bahu membahu dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. " tambahnya.


LMS atau Elearning IAIN Parepare dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen di https://elearning.iainpare.ac.id, Aplikasi mobilenya dapat di download di Google Play Store dan Apps Store. Platform ini telah menjadi tulang punggung dalam menyediakan akses ke materi pembelajaran, tugas, dan interaksi online antara mahasiswa dan dosen.


Saat ini Elearning IAIN Parepare yang berbasis Edlink telah dilengkapi Sistem Online Proctoring , yaitu sebuah sistem pengawasan online yang dilakukan dengan cara memfoto wajah peserta ujian melalui kamera smartphone atau webcam. Ini dilakukan dengan menggunakan cloud service yang dapat mengirimkan foto ke server. Kemudian dosen atau pengawas ujian dapat membuka di komputer yang memiliki akses. Dengan teknologi pemeriksaan foto ini, pengawas bisa langsung memverifikasi identitas mahasiswa dengan memeriksa ID foto dan kemudian memastikan pedoman integritas akademik diikuti selama ujian. Setelah ujian selesai, laporan rinci dan optimal dari sesi pengawas dapat diserahkan kepada pihak yang berkepentingan untuk ditinjau. Instruktur dan administrator dapat masuk ke dasbor ulasan Proctoring di fitur kuis untuk menyortir dan melihat hasil dengan mudah dan akuntabel.



Selain fitur tersebut diatas, elearning IAIN Parepare juga telah di lengkapi Student Engagement Scoring (SES), yaitu  fitur yang  digunakan oleh Dosen untuk mengetahui keaktifan mahasiswa dalam mengakses sumber bahan ajar. Fitur ini memberikan kemudahan bagi dosen untuk mengetahui mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam perkuliahan melalui penilaian yang tersedia yakni nilai interaksi, feedback, dan presensi. Setelah seluruh nilai mahasiswa diperoleh, maka akan menampilkan nilai akhir berupa Student Engagement Scoring. Dengan fitur  ini, baik dosen, manajemen kampus dan semua pihak yang terlibat dapat melakukan monitoring untuk mencapai tujuan pembelajaran interaktif seperti yang diamanatkan oleh Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi .

Kepala UPT. TIPD yang mengkoordinir pengelolaan dan pengembangan infrastruktur teknologi dan sistem informasi menyatakan, "Prestasi ini adalah buah dari kerja keras dan kolaborasi yang kuat antara seluruh stakeholder, dosen, tendik  mahasiswa dan mitra yang bekerjasama dengan kami. Ini merupakan kebijakan pimpinan untuk terus berkomitmen  meningkatkan LMS IAIN Parepare agar dapat terus memfasilitasi pengalaman belajar yang lebih baik dan terdepan bagi seluruh pengguna. "

Sufyaldy menambahkan “pencapaian ini menandakan komitmen IAIN Parepare dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penggunaan teknologi informasi dan e-learning. Kami semua percaya bahwa teknologi adalah alat yang kuat untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan, dan kami berdedikasi untuk terus berinovasi dan mendukung visi pendidikan tinggi yang inklusif dan berkelanjutan.”



di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 7 September, 2023