Fakshi IAIN Parepare Jalin Kerja Sama Dua Perguruan Tinggi di Sulbar

17 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Fakshi IAIN Parepare Jalin Kerja Sama Dua Perguruan Tinggi di Sulbar

Humas IAIN Parepare — Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) IAIN Parepare melakukan kunjungan pada dua institusi pendidikan tinggi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada Ahad-Senin (13-14/11/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka menjalin kerja sama melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA).

Kegiatan yang diikuti oleh jajaran pimpinan Fakshi diantaranya Dekan Fakshi, Dr Rahmawati, M.Ag, Wakil Dekan 1, Dr Aris, dan Kabag TU Fakshi, Nurmi.

Kunjungan pertama dilaksanakan di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) al-Azhary Mamuju pada Ahad (13/11/2022). Dalam kunjungan tersebut, rombongan Fakshi diterima oleh Ketua STAI Al-Azhary, Syamsul S. Pd.I, MA.

Maksud dan tujuan dalam kegiatan ini sangat direspon baik oleh pihak STAI al-Azhary. Dalam sambutannya, Syamsul sangat mengapresiasi adanya kerja sama akademik antara IAIN Parepare dengan STAI Al-Azhary Mamuju.

“Hal ini (kerja sama) diperlukan terutama dalam meningkatkan mutu kedua lembaga, terlebih dalam waktu dekat program studi Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga Islam) di STAI al-Azhary akan mempersiapkan AL Akreditasi dari BAN PT,” sambut Syamsul.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan kunjungan pada hari kedua, Senin (14/11/2022) di Universitas Tomakaka Mamuju.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan disambut hangat oleh Sahril, S.Pd., M.Pd selaku Rektor dan Drs. Suardi Mappiabang., M.Ag selaku Dekan Fakultas Syariah serta jajarannya di Universitas Tomakaka Mamuju.

Dalam sambutannya, Rektor yang merupakan salah seorang alumni STAIN Parepare, menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa mendapatkan kehormatan karena dikunjungi oleh rombongan IAIN Parepare.

Alasannya, IAIN Parepare bisa dikatakan orang tua dari Universitas Tomakaka.

“Banyak alumni dari IAIN Parepare yang mengabdikan dirinya dalam membangun dan mengembangkan Perguruan Tinggi ini. Saya berharap tidak menunggu lama dalam implementasi dari jalinan kerja sama yang kita lakukan pada siang hari ini dalam rangka pengembangan institusi,” kata Sahril.

Sementara itu, Dekan Fakshi, Rahmawati dalam sambutannya menyampaikan bahwa IAIN Parepare sebagai orang tua tentu merasa berbangga dan sangat senang serta memberi apresiasi apabila anaknya mampu mengembangkan sebuah perguruan tinggi yang semula berstatus sekolah tinggi dan institut kemudian bermetamorfosis menjadi universitas yang cukup diminati oleh masyarakat Sulbar.

“Semoga IAIN Parepare juga ke depan segera menyusul menjadi Universitas,” tutup Dekan Fakshi.

Pada sesi terakhir kunjungan, dilanjutkan penandatangan MoA antara Fakultas Syariah IAIN Parepare dan Fakultas Syariah Universitas Tomakaka Mamuju yang sebelumnya dibuka sharing ide dan gagasan dalam memperkuat jalinan kerja sama melalui program MBKM. (da/alf)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 17 November, 2022