Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Helat Kuliah Umum Dirangkai Penyusunan Prodi PPG

13 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare ---Fakultas Tarbiyah (Faktar) IAIN Parepare menggelar gelar kuliah umum dengan tema, penguatan profesionalisme guru dalam menghadapi tantangan kurikulum merdeka di Gedung Perpustakaan, Lantai 5, Jumat (10/02/2023). 

Kuliah umum ini dihadiri oleh Dosen IAIN Parepare, Dosen STAI DDI Parepare dan guru-guru yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Parepare. 

Kegiatan ini diawali dengan laporan Dekan Fakultas Tarbiyah, Zulfah yang menyampaikan bahwa kuliah umum ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuannya, kata Zulfah, untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia terutama dosen dan mahasiswa.

"Sejak tahun lalu kita dari Fakultas Tarbiyah telah melakukan beberapa MoU dengan beberapa sekolah dalam bidang pendidikan sehingga pada kegiatan kuliah umum kali ini, kami mengundang para guru untuk ikut berpartisipasi pada kuliah umum ini," ungkap Zulfah.

Selain itu, Zulfah juga menjelaskan bahwa pada kuliah umum ini juga  dirangkaikan dengan penandatanganan MoU dengan tiga sekolah yaitu SMAN 1 Parepare, MAN 1 Parepare dan MTS Parepare. Selain itu, juga dilakukan penyusunan program studi baru yaitu Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG). 

Rektor IAIN Parepare, Hannani dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan itu. Ia mengungkapkan, pentingnya pembinaan dan peningkatan kompetensi terutama dosen dan mahasiswa.

Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Dr. Muhammad Zein, S.Ag., M.Ag atas kesediaannya menjadi nara sumber pada kuliah umum ini. 

Sebelum membuka kuliah umum, Hannani mengungkapkan bahwa betapa pentingnya memberikan pengarahan pada proses pemetaan pendidikan profesi guru sebagai dasar untuk membuka program studi baru. "Karena salah satu program kerja kita tahun ini ialah akan membuka program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan akan menjadi salah satu program studi pertama yang akan membuka kelas pendidikan jarak jauh (PJJ)," ungkapnya.

Rektor berharap dengan kehadiran Direktur Guru Madrasah Kementerian Agama di kampus IAIN Parepare memberi kemudahan atas pembukaan program studi baru. "Kita menunggu arahan dari Pak Direktur karena pembukaan PPG yang ada di PTKIN ini merupakan atas restu beliau," harapnya. (Aeny/alf)






di dalam Berita
Hayana 13 Februari, 2023