FUAD Gelar Workshop Mata Kuliah Serumpun

13 September, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare— Dalam rangka pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare menggelar Workshop Mata Kuliah Serumpun di Gedung Perpustakaan Lantai 5, Selasa (13/09/2022).

Workshop ini dilaksanakan guna meningkatkan kualitas mengajar dan peningkatan kualitas materi antar dosen serumpun berupa luaran Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Dekan FUAD, A Nurkidam menyampaikan kegiatan ini sangat penting sekali untuk diikuti oleh semua dosen FUAD dalam rangka untuk meningkatkan pembelajaran dosen.

“Workshop ini memberi pemahaman bahwa meskipun mata kuliah yang diterima dosen tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, namun ranah dari mata kuliah tersebut masih serumpun dengan keilmuan dosen,” jelas Nurkidam.


Selaras dengan sambutan Rektor IAIN Parepare, Hannani menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi dan semangat dalam meningkatkan keilmuan dosen sekaligus memberikan pemahaman terkait penyusunan RPS.

“Masih ada ditemukan mata kuliah yang sama, namun RPS berbeda dikarenakan dosen yang mengampu mata kuliah tersebut juga berbeda. Oleh karena itu, melalui pelatihan ini tentunya dosen diberi pemahaman bagaimana dalam menyusun RPS pada keilmuan serumpun,” ujarnya.

“RPS rumpun keilmuan ini sangat penting dalam pembelajaran. Ini merupakan tanggung jawab dan kewenangan dosen Diharapkan RPS kita ini semakin baik,” tambah Hannani.

Hadir narasumber pada kegiatan ini Prof. Zulfahmi, M. Ag., Ph. D. Dosen UIN Alauddin Makassar sekaligus mantan Ketua LPM ini membawakan materi “ Rumpun Keilmuan Keagamaan ”, “ Silabus Rumpun Keilmuan ” dan materi “RPS Rumpun Keilmuan” .

Kegiatan ini diikuti sebanyak 59 Dosen dari lingkup Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. (Eny/Mif)

 

di dalam Berita
Nur Aeni K 13 September, 2022