Gelar International Scientific Writing, Prodi PAI Datangkan Narasumber Dalam dan Luar Negeri

11 Agustus, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare berhasil menyelenggarakan kegiatan Internasional yang diberi nama Internasional Scientific Writing pada, Selasa-Rabu (8-9/8/2023). Kegiatan ini berlangsung secara luring di Gedung TIPD IAIN Parepare dan daring melalui live zoom


Tidak hanya dihadiri oleh dosen dan mahasiswa PAI IAIN Parepare, kegiatan yang berlangsung hibrid ini juga ramai dihadiri oleh dosen, mahasiswa, peneliti dan praktisi pendidikan dari berbagai kampus yang tersebar di Indonesia melalui platform zoom


Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber hebat dari dalam dan luar negeri, yakni Muh. Kamarul dari School of Education Studies University Sains Malaysia, dan Mustaqim Pabbajah dari Universitas Teknologi Yogyakarta. 


Muh. Kamarul merupakan seorang guru besar di bidang Ilmu Pendidikan berasal dari Malaysia. Ia juga seorang peneliti yang aktif mempublikasikan tulisan-tulisannya di berbagai jurnal bereputasi. Sedangkan Mustaqim Pabbajah seorang dosen kelahiran Parepare yang saat ini berkarier di Kota Yogyakarta. Sepanjang kariernya, ia juga aktif menelurkan karya dan tulisan di bidang kajian pendidikan, agama, dan budaya.


Muh. Kamarul dalam materinya menyoroti tentang pentingnya seorang penulis menguasai alur dan proses penerbitan artikel dalam suatu jurnal. Seperti ruang lingkup jurnal, tema-tema tulisan yang cenderung diterima pada jurnal, kesalahan-kesalahan naskah yang perlu dihindari, hingga gap penelitian yang juga sangat penting. 


Di sisi lain,  Mustaqim Pabbajah menyoal pentingnya data yang cukup dan berkualitas pada naskah yang akan disubmit. Seorang penulis dapat menyakinkan pengelola jurnal dengan menghadirkan data yang valid, original, dan memiliki kebaruan. 


Menurut Rustan Efendy, Ketua Prodi PAI, kegiatan coaching kepenulisan ini dimaksudkan untuk menstimulasi dosen dan mahasiswa agar dapat menyusun artikel yang nantinya siap untuk dipublikasi pada jurnal internasional terindeks scopus


"Kegiatan ini memang berupa coaching klinik kepenulisan untuk menghasilkan draf tulisan yang siap publish di jurnal internasional bereputasi. Kami mohon dukungannya agar dapat terus menyelenggarakan kegiatan serupa ke depannya," harap Rustan Efendy. (mm/mif)

di dalam Berita
muajizmuallim 11 Agustus, 2023