Gelar Praraker, Rektor Harap Penguatan Kerja Kolaboratif untuk Capai Target Renstra

17 Desember, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Gelar Praraker, Rektor Harap Penguatan Kerja Kolaboratif untuk Capai Target Renstra


Humas IAIN Parepare – Penghujung tahun 2022 Institut Agama Islam Negeri Parepare melaksanakan Evaluasi Program Kerja Tahun Anggaran 2022 yang dirangkaikan dengan pelaksanaan prarapat kerja tahun 2023 di Asrama Haji Sudiang Makassar selama tiga hari, Jumat-Ahad (16 – 18/12/2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor IAIN Parepare Hannani tersebut juga dihadiri oleh para wakil rektor, kepala biro, ketua dan anggota senat, dekan dan seluruh ketua prodi, Unit Pelaksana Tugas dan Lembaga lingkup IAIN Parepare.

Selain itu, dihadiri pula oleh perencana, Satuan Pengawas Internal, dan PPK sebagai pendamping dalam penyusunan revisi program kerja yang akan dilaksanakan tahun anggaran 2023. Tema kegiatan “Akselerasi Program dan Anggaran Berbasis Renstra dengan Prinsip Akuntabilitas menuju IAIN Parepare Unggul”.

Kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia oleh Kepala Biro AUAK, Muhdin. Dalam laporannya yang disampaikan kepada rektor dan seluruh peserta praraker bahwa pelaksanaan melibatkan semua unsur pelaksana kegiatan lingkup IAIN Parepare sebagai upaya implementasi dari amanah Peraturan Menteri Agama PMA 1179 tahun 2022 tentang Sistem Kerja.

“Kita berharap, melalui kegiatan ini kita dapat mencapai tujuan bersama yakni untuk melakukan evaluasi program kerja tahun 2022 dan proses perencanaan untuk program kerja tahun 2023. Pembahasan pagu anggaran tahun 2023 untuk membahas DIPA yang sudah turun namun masih dinamis karena akan dilakukan penyesuaian dengan target yang telah ditetapkan pada rencana strategis. Penting bagi kita melakukan revisi sesuai dengan analisi kebutuhan kita, jadi perlu memikirkan skala prioritas apa yang meski dilakukan 2023, dan didampingi oleh SPI agar sesuai dengan SBM dan LPM untuk melihat Kembali apakah sesuai dengan renstra,” papar Kabiro.

“Penyusunan RKKL adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari setiap lembaga pemerintah sehingga kegiatan ini juga upaya kita memperkenalkan bagaimana cara menyusun RKKL. Kedua, menyangkut kaderasasi dan penyamaan persepsi bahwa setiap kegiatan itu dilakukan secara tim work atau kolaborasi, ini yang mencoba kita wujudkan sehingga perasaan untuk mencapai visi misi itu satu, tidak ada perbedaan namun satu tujuan berdasarkan capaian program yang ada dalam renstra,” lanjut Muhdin.

Sementara itu, Rektor IAIN Parepare Hannani, dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan menekankan kepada peserta agar rapat kerja dilakukan secara bersungguh-sungguh dan sesuai dengan aturan.

“Kegiatan ini diperlukan untuk mematangkan program kerja dan kita berharap program kerja yang dilahirkan adalah kerja yang terstruktur dan mencapai target renstra, sebab kita semua harus memiliki satu tujuan ke depan untuk mencapai akreditasi unggul. Oleh karena itu, penguatan-penguatan program yang kita lakukan dengan berdasarkan pada standar 9 akreditasi, dan yang penting adalah bagaimana kita senantiasa mengedepankan kerja kolaborasi untuk mencapai tujuan itu,” papar Hannani.

Kegiatan pembukaan Rapat kerja juga dirangkaikan dengan penandatanganan Mou antara IAIN Parepare dengan UPT Asrama Haji Sudiang. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Rektor IAIN Parepare Hannani dan Kepala UPT Asrama Haji Sudiang H. Zulkifly Hijaz, S. E. (Nhk/Tin)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 17 Desember, 2022