Genjot Publikasi Mahasiswa, FEBI Adakan Pelatihan Artikel Publikasi

9 Juni, 2023 oleh
multazam.mansyur

Humas IAIN Parepare -- Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare mengadakan Pelatihan Merubah Skripsi Menjadi Artikel Publish,  Rabu (7/6/2023) di Gedung Perpustakaan IAIN Parepare. 

Kegiatan yang dipelopori oleh Prodi Perbankan Syariah ini bertujuan untuk meningkatkan publikasi mahasiswa, khususnya mahasiswa Prodi Perbankan Syariah, melalui skema mengubah skripsi menjadi artikel yang siap dipublikasikan di jurnal ilmiah. Ketua Prodi Perbankan Syariah, I Nyoman Budiono menyampaikan bahwa pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa merupakan kegiatan fundamental guna membangun budaya keilmuan yang kuat di kalangan mahasiswa. I Nyoman Budiono menekankan pentingnya kemampuan mahasiswa dalam mengubah hasil penelitian skripsi menjadi artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan secara luas dan diakui oleh komunitas akademik.

"Setelah mengikuti pelatihan ini, semoga mahasiswa Prodi Perbankan Syariah akan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru mereka dalam mengubah skripsi menjadi artikel yang berkualitas tinggi sehingga dapat meningkatkan jumlah publikasi mahasiswa dan mengangkat nama baik Prodi Perbankan Syariah IAIN Parepare di dunia akademik. "harap I Nyoman


Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Prof. Ir. Muhammad Arsyad, seorang Dosen  Universitas Hasanuddin yang memiliki keahlian dalam penulisan artikel ilmiah. Prof. Arsyad yang juga memiliki pengalaman luas dalam bidang penelitian dan publikasi menyampaikan materi mengenai pentingnya pengubahan dan langkah-langkah praktis yang diperlukan untuk mengubah skripsi menjadi artikel ilmiah yang berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Arsyad menekankan pentingnya struktur dan penulisan yang jelas, metode penelitian yang akurat, serta analisis data yang mendalam dalam penulisan artikel ilmiah. Ia juga memberikan tips  memilih jurnal yang tepat, strategi untuk meningkatkan peluang diterima oleh jurnal, dan pentingnya proses peer review dalam penulisan ilmiah.


Pelatihan ini dihadiri oleh mahasiswa Prodi Perbankan Syariah dari berbagai semester. Para peserta antusias mengikuti sesi pelatihan. Mereka berkesempatan untuk bertanya kepada pemateri tentang  penulisan artikel ilmiah. Dengan adanya pelatihan ini, IAIN Parepare memberikan dukungan yang kuat bagi pengembangan akademik mahasiswa, khususnya dalam menghadapi tuntutan publikasi ilmiah. (mma/Tin)


di dalam Berita
multazam.mansyur 9 Juni, 2023