Hasilkan Karya Berbasis AI, Prodi PBI Sukses Gelar Pembinaan Kreativitas Desain Media Pembelajaran

4 September, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Mengawali perkuliahan semester ganjil tahun 2023/2024, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah menginisiasi kegiatan Pembinaan Kreativitas Desain Media Pembelajaran untuk mahasiswa dan dosen,  Sabtu—Ahad (2—3/9/2023) di gedung perpustakaan IAIN Parepare lantai 4.

Kegiatan pembinaan ini didampingi oleh Andi Baso Kaswar, M.Kom., seorang programmer muda yang juga merupakan dosen Teknik Informatika Universitas Negeri Makassar. Peserta kegiatan adalah mahasiswa dan dosen PBI.

Ketua Prodi PBI, Kalsum, M.Pd. turut hadir mendampingi. Ia menyinggung tentang tantangan calon pendidik untuk menguasai bidang ilmu keahlian, salah satunya menghasilkan media belajar yang tepat sasaran dan solutif untuk peserta didik.


“Targetnya menghasilkan media pembalajaran dengan pemanfaatan AI. Kami harap, peserta kegiatan ini bisa memiliki kemampuan dalam mengolah bahan ajar berbasis teknologi dan berbasis AI, serta menjadi SDM atau calon pendidik yang unggul dan berkarakter di tengah masyarakat,” ujar Kalsum dalam sambutannya.

Hari pertama diisi dengan pengenalan Artificial Intellegence (AI). Pemateri mengupas tentang pemanfaatan AI dalam mendesain media pembelajaran. Peserta kegiatan  diberi target untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku menggunakan aplikasi berbasis AI sebagai luaran kegiatan. Di hari kedua, peserta diperkenalkan berbagai aplikasi berbasis AI yang dapat membantu membuat presentasi pembelajaran, seperti Assembler Edu, Mentimeter, Chat GPT, Curipod, Magic Pan, Wordwall, Poe.com Me, dan Kahoot. Di akhir acara, para peserta pun mempresentasikan karya yang telah dibuat.


“Karya yang dibuat mahasiswa berupa buku cerita anak beseri berbahasa Inggris yang dilengkapi dengan fasilitas berbasis AI, seperti  barcode untuk menampilkan Virtual Reality (VR), konten jawaban kuis yang juga dilengkapi barcode, chatbot untuk FAQ bagi pembaca. Namun, ini belum final, masih perlu dikembangkan lagi,” terang Yulie Asni, salah satu dosen PBI.

Salah satu mahasiswa yang juga peserta kegiatan, mengungkapkan antusiasme dan rasa syukurnya karena terlaksananya kegiatan pembinaan tersebut. “Saya sangat bersyukur karena dapat kesempatan meng-upgrade kemampuan dalam membuat bahan ajar. Kegiatannya sangat menarik, update, berbasis teknologi, keren, dan menyenangkan. Kami berterima kasih kepada prodi dan pemateri yang telah sukses melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini,” ungkap Aco Zulham Faridh, peserta mahasiswa PBI semester 5. (Mm/Tin)



di dalam Berita
muajizmuallim 4 September, 2023