HMPS TIPA Gelar Konjugasi, Mahasiswa Tadris IPA: Sangat Menarik dan Bermanfaat

4 Desember, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (HMPS TIPA) Fakultas Tarbiyah (Faktar) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Konjugasi (Konservasi dan Kunjungan Sains) dengan tema "Meningkatkan Kualitas Berpikir Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pemanfaatan Teknologi".Kegiatan ini dilaksanakan, Sabtu (2-12-2023) di Pabrik Tempe dan Tahu Barokah, Jalan Sumur Jodoh, Cempae, Parepare. 



Kegiatan yang melibatkan Dosen Mikrobiologi Tadris IPA, Novia Anugra dan mahasiswa Tadris IPA ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa Tadris IPA terkait pemanfaatan bioteknologi yakni pembuatan tempe. Melalui kegiatan ini, mahasiswa Tadris IPA diharapkan mampu mengetahui proses pembuatan tempe, mikroorganisme  yang berperan, dan cara pengolahan tempe yang baik. 


Sartika, Ketua Umum HMPS TIPA mengungkapkan kesan dan harapannya terkait kegiatan Konjugasi tersebut.


"Bagi saya, kegiatan ini tentu saja sangat bermanfaat. Tempe yang hanya sering saya makan, sekarang bisa saya lihat secara langsung proses pembuatannya. Selain itu, di kegiatan ini banyak tambahan ilmu baru yang kami peroleh. Saya berharap, kegiatan kunjungan sains ini terus berlanjut ke depannya, karena manfaatnya yang memang sangat banyak," ungkapnya.


Sementara itu, Novia Anugra, Dosen Mikrobiologi Tadris IPA turut berkomentar atas terlaksananya kegiatan ini


"Kegiatan konjugasi menjadi sarana bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman langsung dari materi atau teori-teori yang sudah diajarkan di  kelas, sehingga pembelajarannya menjadi lebih bermakna," ujarnya.


Hal yang sama diungkapkan oleh Andi Aras, Ketua Prodi Tadris IPA bahwa kegiatan tersebut sangat penting untuk bekal mahasiswa Tadris IPA


"Kegiatan seperti ini sangat penting untuk membekali mahasiswa pengetahuan dan pengalaman dalam pemanfaatan mikrobiologi, sehingga nantinya mereka akan memiliki kemampuan untuk mengelola ilmu dan skill sains. Kemampuan tersebut perlu  dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal sehingga bisa meningkatkan taraf hidup  dalam berwirausaha. (ars/Tin)

di dalam Berita
muajizmuallim 4 Desember, 2023