IAIN Parepare Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2023

21 Oktober, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Minggu (22/10/2023) Suasana haru dan kekhusyukan memenuhi halaman Gedung Rektorat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, seiring dengan digelarnya upacara peringatan Hari Santri tahun 2023. Ratusan civitas academica IAIN Parepare, terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan pegawai honorer, terlihat memadati lokasi upacara dengan mengenakan pakaian khas santri berupa gamis, sarung, dan songkok.

Rektor IAIN Parepare Hannani memiliki kehormatan untuk menjadi Inspektur Upacara dalam perayaan yang berlangsung megah ini. Dalam amanatnya, ia membacakan sambutan dari Menteri Agama yang menyampaikan pesan penting tentang peran santri dalam memajukan negara.

Hari Santri dianggap sebagai momentum yang sangat tepat untuk merefleksikan peran santri dalam membangun dan menjayakan negara ini. "Sebagai generasi penerus, kita harus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan, dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan," ujar Hannani. Ia menekankan pentingnya perjuangan santri dalam mendalami ilmu agama dan pengetahuan umum.


Lebih lanjut, Rektor menjelaskan bahwa peringatan Hari Santri tahun 2023 ini mengusung tema "Jihad Santri Jayakan Negeri." Ia menegaskan bahwa jihad dalam Islam bukanlah sekadar pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara menyeluruh, yang mencakup perjuangan untuk memperkuat iman, mendalami ilmu, dan memperbaiki diri. 

"Dalam dinamika global yang terus berubah, santri memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat," tegas Rektor Hannani. Ia mengajak seluruh jajaran akademik IAIN Parepare untuk lebih bersemangat dan terus berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa.

Upacara peringatan Hari Santri ini juga diwarnai dengan kehadiran mahasantri dari Ma'had Al-Jamiah yang turut berkontribusi dalam menyanyikan lagu mars Hari Santri dan menutup acara dengan penuh semangat dalam nyanyian "Ya Lal Wathon."

Dengan semangat dan semakin mendalamnya pengertian tentang jihad santri, perayaan Hari Santri tahun 2023 di IAIN Parepare menginspirasi seluruh hadirin untuk terus berusaha dan berkarya demi kemajuan bangsa dan Parepare.


di dalam Berita
Nur Aeni K 21 Oktober, 2023