IAIN Parepare  Hadiri FESTAKTA Kota Parepare

30 Mei, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare yang diwakili oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Tarbiyah, Muhammad Jufri, memenuhi undangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk menghadiri acara Festival Aksi Nyata (FESTAKTA), Pidato Pendidikan, dan Malam Anugerah Merdeka Belajar di Gedung Balai Ainun Habibie, Sabtu (27/05/2023). 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua PGRI Kota Parepare, Kepala Kantor Kemenag IAIN Parepare, Kasi Pendidikan Madrasah, dan perwakilan Ketua DPRD Kota Parepare. 

Rangkaian kegiatan pada acara tersebut di antaranya Penganugrahan Penghargaan Aksi Nyata Para Guru Berprestasi TK-SMA Sederajat dan Workshop Teknologi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat Kota Parepare. 



Menurut Ketua PGRI Kota Parepare, H.M. Makmur, FEKSAKTA merupakan upaya memeriahkan Hari Pendidikan Nasional dan menyemarakkan Merdeka Belajar di Kota Parepare. 

"FESTAKTA adalah bagian dari upaya PGRI Kota Parepare berkolaborasi Pemerintah Kota Parepare dan mitra untuk turut serta mengambil peran baik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (IKM) dan Platform Merdeka Belajar (PMM)," tutur Makmur yang juga merupakan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare. 

Namun, ia menilai bahwa Kurikulum Merdeka ini belum sepenuhnya menuai hasil maksimal, seperti belum adanya kolaborasi program Kurikulum Merdeka antara organisasi PGRI dan PGMI.

"Karena belum adanya payung hukum atau kebijakan terkait dan masih banyaknya guru yang belum memiliki sertifikasi PPG," imbuhnya.

Muhammad Jufri, sebagai perwakilan IAIN Parepare pada kesempatan tersebut menyampaikan perihal pembukaan prodi PPG dan PJJ di IAIN Parepare. 

"Saya sudah titip harapan progresif perihal program PPG dan PJJ yang rencana akan dibuka dan menjadi skala prioritas program institusi. Namun, memang disadari, hal ini membutuhkan SDM dan anggaran yg memadai, utamanya inovasi yang lebih mumpuni secara kolaboratif masif oleh unsur-unsur terkait," papar Muhammad Jufri. (MM/Tin)

di dalam Berita
muajizmuallim 30 Mei, 2023