Jadi Khatib Jumat, Rektor Bahas Amalan Afdal

24 Januari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare— Rektor IAIN Parepare Hannani menjadi khatib Jumat pertama tahun 2023 di Masjid Al Wasilah IAIN Parepare (6/01/2023). Dalam khutbahnya Hannani menyebut keimanan menjadi fasilitas yang berharga dari Allah swt.

“Alhamdulillah di Jumat yang barokah ini, kita semua diberikan berbagai macam fasilitas dari Allah subhanahu wa ta’ala. Fasilitas kesehatan, fasilitas pikiran yang sehat, tubuh yang sehat. Dari semua fasilitas Allah subhanahu wa ta’Ala kepada kita semua, keimananlah yang paling berharga,” ucapnya.

Hananni juga menguraikan amalan apa yang paling afdal dilakukan.
“Salah satu filosof dan sufi yang sangat terkenal dan menjadi rujukan ulama Islam di seluruh dunia, hujjatul Islam Imam Al-Ghazali dalam salah satu kitabnya ketika dia ditanya: amal apakah yang paling disenangi oleh Allah subhanahu wa ta’ala? Dia menjawab bahwa yang paling disenangi oleh Allah subhanahu wa ta’ala itu adalah menuntut ilmu pengetahuan. Jadi jawaban-jawaban yang diberikan sangat perspektif dan tergantung dari kondisi-kondisi dan orang-orang mengajukan pertanyaan itu,” terangnya.

“Para dosen, para tendik, dan para staf administrasi, inilah yang kita jadikan sebagai pegangan bahwa semakin banyak maslahat yang kita lakukan, maka itulah amal yang paling mulia di antara kita semua yang harus kita lakukan. Mudah-mudahan kita berkomitmen untuk mendatangkan semakin lebih banyak kebaikan kepada orang lain, semakin banyak mendatangkan maslahah dan manfaat terhadap mahasiswa. Kalau ini kita lakukan, menjadikan mahasiswa kita, orang-orangtua mahasiswa kita itu menjadi berbahagia, maka sesungguhnya itulah amal yang paling mulia yang dapat kita lakukan di kampus ini” terangnya. (*/Hyn/Tin)

di dalam Berita
Hayana 24 Januari, 2023