Jelang Asesmen Lapangan, Program Studi KPI Lakukan Simulasi

10 Oktober, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN parepare-- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melaksanakan Simulasi Asesmen Lapangan (AL) Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam(KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) sebagai upaya persiapan akreditasi program studi KPI yang akan dilaksanakan, Kamis (12/10/2023) mendatang.

Simulasi AL ini dilaksanakan  di lantai 5 Gedung Perpustakaan IAIN Parepare, Senin (09/10/2023). Simulasi ini dihadiri oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan H. Saepudin,Dekan FUAD A Nurkidam, Wakil Dekan I Iskandar, Ketua dan Sekertaris LPM, para kepala pusat yang ada di LPM, dan Ketua Program Studi (Kaprodi) KPI beserta tim.

Kepala Pusat Pengembangan Standar dan Akreditasi Sulvinajayanti mengatakan tujuan dari dilakukannya simulasi untuk mengecek beberapa persiapan dari Prodi KPI sebelum dilakukan Asesmen Lapangan. "Di antaranya pengecekan dokumen, kemudian bagaimana fakultas dengan program studi dalam  menjawab pertanyaan-pertanyaan asesor mengenai dokumen yang telah disiapkan," ungkapnya.


Ia juga menyebutkan ada sembilan kriteria yang  disimulasikan. "Kesembilan kriteria ini akan kami simulasikan, misalnya ada dokumen yang tidak ada dan ternyata ada dokumen yang belum lengkap itu kan harus dilengkapi lagi, seperti dokumen  tata kelola dan kerja sama, mahasiswa, sumberdaya manusia, sarana prasarana, penelitian, PKM, dan yang terakhir, yaitu luaran dan capaian tri dharma ” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Prodi KPI Nurhakki mengatakan bahwa simulasi ini merupakan uji coba untuk melihat sudah sejauh mana tingkat persiapan yang dilakukan Prodi KPI. "Jadi simulasi ini dilakukan  untuk melihat tingkat persiapan prodi,  sejauh mana  kelengkapan-kelengkapan yang belum tersedia, maka kita usahakan akan dilengkapi sebelum asesmen lapangan," tuturnya saat diwawancarai dari tim humas.

Nurhakki juga berharap bahwa fakultas dan prodi bisa satu persepsi dalam menghadapi asesor. "Ini bukan hanya terkait Program Studi KPI, tapi juga terkait satu sama lain dengan fakultas maupun institusi," tambahnya. (jhn,skm/mif)



di dalam Berita
Nur Aeni K 10 Oktober, 2023