Jelang Hari Santri, IAIN Parepare akan Gelar Expo Kemandirian Pondok Pesantren

19 Oktober, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare---- ​Institut Agama Islam Negeri Parepare pertama kali menjadi penyelenggara kegiatan Expo Kemandirian Pondok Pensantren dan Festival Hari Santri tahun 2023. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 22-24 Oktober 2023 dan akan diikuti sebanyak 30 Pondok Pesantren dari berbagai daerah yaitu kota Parepare, Kabupaten Sidrap, Kabupaten Pinrang, kabupaten Enrekang, Kabupaten Toraja dan Kabupaten Polman.


Budiman Selaku ketua Panitia pelaksana menuturkan kegiatan Expo ini digelar dalam rangka untuk memeriahkan peringatan hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. ”Pelaksanaan expo kemandirian ini juga akan diikuti oleh pesantren yang telah ataupun sedang menerima dana inkubasi dari Kemenag” tutur Budiman.


Tak hanya itu, Ia juga menjelaskan selain menggelar Expo juga akan ada rangkaian kegiatan  lomba mulai dari Lomba Qiraatul Qulub, Hifzil Qur’an 5 juz, Lomba Pidato Bahasa Arab, Lomba Pidato Bahasa Daerah, dan IAIN Parepare Got Talent (IGT) yang akan memeriahkan peringatan hari santri 22 oktober 2023 mendatang dengan tema Jihad Santri Jayakan Negeri. 


Budiman juga berterima kasih kepada Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren yang telah membantu menyebarkan informasi tentang pelaksanaan kegiatan ini.


"Kami berterima kasih ke seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) kabupaten kota. Memudahkan kami berkomunikasi pondok pesntren melalui seksi diniyah,"  ucap Budiman.


Rektor IAIN Parepare, Hannani juga menambahkan, satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama adalah kemandirian pesantren yang bertujuan untuk menggali potensi-potensi yang ada di masing masing pondok. 


“Sesuai arahan menteri Agama, maka IAIN Parepare siap bersinergi dengan pondok pesantren baik sebagai penerima bantuan inkubasi bisnis tahun 2023” ungkapnya.


Hannani mengimbau kepada seluruh sivitas akademika IAIN Parepare untuk bersama-sama memeriahkan expo kemandirian Pondok Pesantren ini. (Aeny/Mif)

di dalam Berita
Hayana 19 Oktober, 2023