Kamal Zubair Tandatangani MoU Internasional dengan Universitas Malaysia Sarawak

13 Juli, 2023 oleh
Suherman

Humas IAIN Parepare --- IAIN Parepare memperluas jaringan kerja sama dengan perguruan tinggi bertaraf internasional dari Malaysia. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IAIN Parepare dengan Universitas Malaysia Sarawak (UNIMAS) di Pontianak, Rabu (12/7/2023).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Parepare, Dr. Muh. Kamal Zubair. M. Ag., dengan pihak UNIMAS pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Wakil Rektor / Wakil Ketua Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan PTKIN se- Indonesia di Hotel Aston Pontianak Kalimantan Barat.

“Alhamdulillah, penjajakan kerja sama dengan Univertitas Malaysia Sarawak yang dilakukan kurang lebih 3 (tiga) bulan terakhir membuakan hasil. Hari ini, saya menandatangani MoU dengan pihak UNIMAS di sela-sela pelaksanaan Rakornas Forum Warek III PTKIN di Pontianak,” kata Kamal Zubair melalui chat whatshappnya.


“Ada beberapa poin strategis yang menjadi kesepakatan kerja sama kami dengan pihak UNIMAS, diantaranya 1) pertukaran mahasiswa, tendik dan dosen; 2) penelitian dan publikasi bersama; 3) dosen tamu; 4) Konferensi bersama; 5) gelar ganda (double degree)” lanjut Kamal Zubair.

Menurut Kamal Zubair, UNIMAS merupakan salah satu perguruan tinggi di Malaysia yang memiliki reputasi Internasional. “UNIMAS ini memiliki peringkat dunia yang tinggi, berkalas internasional. Sangat tepat bagi kita untuk menjadikannya mitra dalam mendorong akselerasi pengembangan kampus,” paparnya lagi.

Saat ini, lanjutnya, Dirjen Pendis mendorong seluruh PTKIN membangun kerja sama kemitraan dengan perguruan tinggi luar negeri. “Agenda Forum Wakil Rektor / Wakil Ketua Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswa PTIN se- Indonesia yang sedang kami ikuti, khusus membahas penguatan kerja sama Internasional PTKIN,” paparnya.

Informasi yang kami himpun, Rakornas Forum Warek / Waket PTKIN se- Indonesia yang diadakan di Pontianak sedang membahas persiapan penjajakan kerja sama Internasional dengan menghadirkan khusus Konsulat Jenderal Malaysia pada forum tersebut.

“Kami diamanahkan oleh Rektor IAIN Pontianak untuk memfasilitasi para Wakil Rektor / Wakil Ketua PTKIN Se- Indonesia untuk membicarakan penguatan kerja sama Internasional PTKIN dengan menghadirkan Konsulat Jenderal Malaysia di pertemuan Rakornal tersebut,” kata Wakil Rektor III IAIN Pontianak, Dr. Ismail Rustam, M.Si., seperti yang dikutip dari www.iainpt.ac.id.


di dalam Berita
Suherman 13 Juli, 2023