Kapus Pengabdian PTKN se-Indonesia Social Mapping Lokasi KKN Moderasi Beragama

19 Mei, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare terus mematangkan persiapan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama. Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan Social Mapping di Tana Toraja yang akan dipilih menjadi lokasi KKN Moderasi Beragama. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh kepala pusat pengabdian Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN), Selasa-Jumat (16-19/05/2023).

Kepala Pusat Pengabdian IAIN Parepare Musmulyadi menyampaikan tujuan Social Mapping dilaksanakan untuk meninjau lokasi KKN secara langsung. 45 kepala pusat PTKIN turut hadir dalam acara tersebut  tidak lain sebagai informasi awal yang akan disampaikan ketika kembali ke kampus masing-masing. "Target yang ingin dicapai dalam Social Mapping ini bagaimana kepala pusat mendapatkan informasi awal tentang lokasi KKN, baik dari kultur budaya, geografis, dan medan lokasi KKN," ujarnya.


Musmulyadi menambahkan respons masyakat dan pemerintah daerah sangat baik dengan terpilihnya Tana Toraja sebagai lokasi KKN Moderasi, bahkan membuka ruang seluas-luasnya untuk menyukseskan kegiatan KKN Moderasi ini. 

Musmulyadi mengharapkan kegiatan KKN Moderasi ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa ketika telah selesai melaksanakan KKN. "Kami mengharap mahasiswa dapat memberi manfaat kepada masyarkat, membantu program desa, dan memberi nilai manfaat. Kami juga harap kegiatan KKN Moderasi ini memperat antar umat beragama, saling menjaga silaturahmi dan menghargai kultur budaya serta kearifan lokal masyarakat setempat," tuturnya.

Muhammad Aziz Hakim Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam berharap KKN Moderasi dapat memberikan pembelajaran dan pengalaman baru kepada peserta KKN. Menurut Aziz mahasiswa perlu melihat keluar agar lebih mengetahui bahwa kehidupan bermasyarakat itu tidak hanya satu warna tapi ada banyak warna didalamnya "KKN Moderasi ini bertujuan agar mahasiswa dapat hidup dengan komunitas yang lain dalam satu waktu yang lama, sehingga akan timbul rasa saling menghormati, saling menghargai antar sesama meskipun berbeda latar belakang. Moderasi beragama berbicara tentang sikap dan perilaku di ruang publik sehingga diharapkan agar mahasiswa untuk terbiasa hidup bersama dimasyarakat yang memiliki latar belakang berbeda" Tuturnya


Muhammad Aziz menilai Tana Toraja merupakan lokasi yang menarik untuk dijadikan sebagai lokasi KKN Moderasi dan optimis pemilihan Tana Toraja sebagai lokasi KKN adalah pilihan yang tepat "Dengan kondisi sosial masyarkat yang plural dan sosial keagamaan dipadukan dengan hadirnya mahasiswa KKN Moderasi diharapkan muncul sebuah pembelajaran saling menghormati dan menghargai perbedaan." Tutupnya (fzs/)

  

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 19 Mei, 2023