KEMAS 2023, Bentuk Pengabdian Masyarakat Racana Makkiade'- Malebbi

8 Agustus, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Racana Makkiade'-Malebbi melaksanakan program kerja tahunan yaitu Kemah Masyarakat (Kemas). Kegiatan ini berlangsung di Balai Seni IAIN Parepare dan di Desa Tapong, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang. Sebelum ke Desa Tapong, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan pelepasan. Pelepasan berlangsung di Balai Seni, Selasa (01/08/2023) oleh Ketua Gudep Putra Muhammad Ja'far. Ketua Gudep Makkiade' melepas secara resmi kakak-kakak anggota Racana Makkiade'-Malebbi IAIN Parepare. 


Dalam pelepasan, Ketua Gudep menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan Kemas ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk mini KKN dan mengaplikasikan salah satu nilai Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian. Selain itu, pembina harian putra Usman berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat pada masyarakat Desa Tapong, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang. "Berikan terbaik kepada masyarakat supaya ada bukti kenangan untuk masyarakat," ujarnya.



Pembukaan Kegiatan berlangsung di Kantor Desa Tapong, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang. Kegiatan pembukaan dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Tapong pada, Rabu (02/08/2023). Kegiatan Kemas ini dilaksanakan selama 5 hari di Desa Tapong, Rabu-Senin 02-06/08/2023). Adapun yang terlibat di kegiatan ini yakni, Anggota Racana Makkiade’ - Malebbi IAIN Parepare, seluruh Aparat Desa Tapong, Dinas Pertanian Kabupaten Enrekang, seluruh Kepala Dusun Desa Tapong utamanya Kepala Dusun Cilallang, dan SDN 152 Tapong.


Anisa Nabila Nurdin selaku penanggung jawab sementara ketua dewan putri Racana Malebbi berharap agar kegiatan ini berjalan dengan semestinya. Kegiatan ini juga menjadi bekal kepada kakak-kakak anggota Racana Makkiade' - Malebbi sebagai gambaran atau miniatur KKN-nya di kemudian hari. 


"Harapan saya selaku PJS Ketua Dewan Racana Malebbi sangat berharap agar kegiatan ini berjalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dan disepakati dan semoga kegiatan ini menjadi gambaran kakak-kakak anggota Racana Makkiade' - Malebbi sebelum mengikuti KKN nantinya," ujar Anisa.


Kegiatan Kemah Masyarakat (KEMAS) Tahun 2023 adalah Program Kerja Tahunan Racana Makkiade' - Malebbi IAIN Parepare, kegiatan ini meliputi Penyuluhan Pertanian, Baksos, Games, Materi Umum, Materi Tekpram, Pembuatan Tempat sampah, yasinan dan Api Unggun. (Tim Kemas/mif)




di dalam Berita
Hayana 8 Agustus, 2023