Kenalkan Moderasi Beragama, Posko 12 KKNNMB Berpartisipasi Bersama Warga

26 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Ma’ pasonglo merupakan rangkaian dari upacara adat Rambu Solo’ (upacara kedukaan) yang biasa digelar oleh masyarakat Tana Toraja. Tepat pada, Senin-Rabu (24-26/07/2023) di Lembang Rumandan, Kecamatan Rano, Tana Toraja diadakan perayaan Rambu Solo’.

Masyarakat sekitar dan para kerabatnya berbondong-bondong meramaikan rangkaian perayaan tersebut, yaitu Ma’ pasonglo. Dalam hal ini Ma’pasonglo mengarak peti dengan keliling kampung, petinya diakitkan dengan kain merah dan ditarik oleh kaum wanita.

Demi mempraktikkan dan memperkenalkan moderasi beragama, peserta KKNNMB tidak mau kalah dengan warga dengan ikut serta dalam kegiatan tersebut, mulai dengan ikut menyambut tamu, sampai turun langsung dalam Ma’pasonglo.


“Upacara seperti ini sudah adat dan istiadat dari masyarakat Toraja yang tidak sembarang orang bisa melakukan acara seperti ini. Tujuan acara adat seperti ini dapat mengumpulkan keluarga dan menghibur keluarga yang sedang berduka. Semoga pemuda pemudi di Kecamatan Rano dapat melestarikan budaya dan adat secara turun temurun di Tana Toraja,” harap Camat Kecamatan Rano Jayadi. (Tim KKN, fzs/mif)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 26 Juli, 2023