Kepala Perpustakaan IAIN Parepare Pembicara di Bimtek Perpustakaan SD/MI

2 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Kepala Perpustakaan IAIN Parepare Pembicara di Bimtek Perpustakaan SD/MI

Humas IAIN Parepare — Perpustakaan Daerah Kota Parepare menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Perpustakaan dan Pustakawan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayyah (SD/MI) tahun 2022 di Auditorium Hotel Kenari Parepare, Senin (1/11/2022).

Kegiatan ini diikuti 40 peserta dari pengelola perpustakaan sekolah dasar dan madrasah di Kota Parepare.

Kegiatan ini menghadirkan Sirajuddin, S.Pd.I., S.IPI.,M.Pd sebagai pembicara. Sirajuddin saat ini menjabat sebagai Kepala Perpustakaan IAIN Parepare.

Judul Materi yang dibawakan Sirajuddin yakni Pemanfaatan Koleksi Tercetak dan Koleksi Digital Dalam Menunjang Layanan Perpustakaan.

Sirajuddin menekankan pentingnya pengelolaan koleksi yang profesional dan merujuk aturan pengelolaan perpustakaan. Ia juga menyampaikan transformasi sesuai tema kegiatan bimtek, “Ayo Akreditasi untuk bertransformasi.”

“Filosofi hukum ke-lima dari The five Laws of Library Science menghendaki perpustakaan yang bertransformasi mulai dari jenis layanan, SDM perpustakaan, koleksi, infrastruktur, peraturan sampai pada jam layanan dan memastikan bahwa segala jenis layanan berorientasi pada kenyamanan pengguna atau user servicess oriented,” imbuhnya sembari menunjuk ke slide presentasi.

Merujuk ke Undang Undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, Sirajuddin menyampaikan bahwa, “Setiap perpustakaan harus mampu menyiapkan dan melayankan kebutuhan informasi pengguna. Baik yang dikemas dalam betuk koleksi tercetak, terekam sampai pada koleksi digital yang saat ini banyak dikembangkan oleh perpustakaan.”

Kegiatan yang berlangsung satu setengah jam ini mengundang antusias guru untuk bertanya dan berdiskusi, pertanyaan guru-guru yang juga pengelola perpustakaan ini seputar pelestarian koleksi, normalisasi layanan perpustakaan pasca pandemi sampai pada keluhan tentang layanan perpustakaan.

Hadir mendampingi pemateri Muhammad Rasdi Gery Runtu, S.IP., M.Pd dalam kapasitasnya sebagai Kepala bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka dan juga sekaligus sebagai inisiator kegiatan Bimtek memberi tanggapan tentang Bimtek yang dilaksanakan kali ini.

“Kita merasa perlu memberi bimbingan tekhnis pengelolaan perpustakaan yang sudah bertransformasi ke digital saat ini, sebagai perpustakaan pembina di Kota Parepare kegiatan pembinaan akan terus digalakkan dan terus memberi dukungan kepada perpustakaan yang berada di bawah koordinasi Perpustakaan Daerah Kota Parepare,” tutupnya. (srj/alf)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 2 November, 2022