Ketua Lakpesdam PBNU Ajak Mahasiswa Baru IAIN Parepare Kuasai “Big Picture” Pengetahuan

29 Agustus, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare---- Mengawali orasinya dari data statistic terkait jumlah penduduk Indonesia, Gus Ulil Abshar Abdalla Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lakpesdam PBNU) menyebut para mahasiswa baru di IAIN Parepare termasuk orang-orang yang beruntung. Pasalnnya menurut statistic penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar ±280 juta hanya 6,5% yang berkesempatan melanjutkan pendidikan tingkat perguruan tinggi.

“Anda semua termasuk orang yang beruntung karena tidak semua penduduk Indonesia bisa menikmati kesempatan ini. Manfaatkan sebaik-baiknya, gunakan semaksimal mungkin waktunya selama belajar menempuh pendidikan,” ucap Gus Ulil mengawali orasi ilmiahnya pada kegiatan pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan di Auditorium IAIN Parepare, Selasa (29/08/2023).


Gus Ulil juga menjelaskan ajaran Islam yang saling terkait dengan pengetahuan. Ia menyebut, agama Islam adalah agama pengetahuan.

“Kemana pun agama Islam ini disebarkan ke seluruh dunia, bersamaan itu pula tumbuh pengetahuan. Karena itu persebaran Islam beriringan dengan persebaran pengetahuan,” ucapnya.

Selain itu, keimanan juga berdasar pengetahuan. Iman yang kokoh harus dilandasi dengan pengetahuan. Gus Ulil mengibaratkan jurusan-jurusan yang ada di fakultas merupakan pengetahuan kecil yang harus dikuasai namun pengetahuan lain di luar dari jurusan juga harus diketahui gambaran besarnya.

Pengetahuan itu walaupun dipecah dalam bidang-bidang, jurusan-jurusan yang kecil tetapi orang yang belajar di jurusan itu tidak boleh kehilangan gambar besarnya, punya pengetahuan yang luas mengenai hal-hal lain,” terangnya.


Gus Ulil merekomendasikan agar para mahasiswa IAIN Parepare memperluas wawasannya dengan banyak membaca serta mampu menguasai minimal bahasa Inggris ataupun bahasa Arab. Sosok bung Karno dan tokoh-tokoh pejuang lainnya dapat dijadikan teladan sebagai sosok-sosok pembaca ulung yang berwawasan luas.

“Jangan sampai Anda semua kehilangan gambar besar. Kuasai ilmu kecil tetapi kuasai juga gambar besarnya supaya manfaatnya sebagai manusia bisa lebih luas karena dengan menguasai gambar besar. Anda bisa menjadi pemimpin besar di masyarakat, Anda bisa menjadi leader, Anda bisa menjadi tokoh yang memberikan arah kepada masyarakat,” jelas Gus Ulil yang juga menjadi staf peneliti di Institut Studi Arus Informasi (ISAI), Jakarta, serta Direktur Program Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP).

Selanjutnya, Dr. Hannani, M.Ag., Rektor IAIN parepare, mengakui pesan penting yang disampaikan oleh Gus Ulil, yaitu pentingnya memahami "big picture" pengetahuan. Ia mendorong sivitas akademika IAIN Parepare untuk tidak hanya mendalami pengetahuan di bidang studi mereka, tetapi juga untuk memiliki wawasan yang lebih luas, sebagaimana disarankan oleh Gus Ulil. 



Hal ini akan membantu mereka menjadi pemimpin yang memiliki pemikiran terbuka, kreatif, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara. “Kami akan terus memberikan dukungan penuh kepada para mahasiswa kami dalam upaya mereka untuk memperluas pengetahuan melalui pembelajaran lintas disiplin, pengembangan kemampuan berbahasa asing, dan penelitian yang mendalam,“ tegasnya. (hyn/hr/mif)


di dalam Berita
Hayana 29 Agustus, 2023