KKN Teori IAIN Parepare Menghadirkan 16 Narasumber

10 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare---Sebelum calon mahasiswa KKN Nusantara Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan tahap pengabdian, mahasiswa menerima pembekalan dalam bentuk KKN Teori yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, dengan menghadirkan 16 narasumber yang berlangsung di Gedung Auditorium IAIN Parepare (Kamis-Sabtu/06-08/07/2023).​

Pembekalan tersebut menghadirkan Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando, M. Pd. sebagai pemateri pertama dengan membawakan materi Kebijakan Pemerintah dalam Peningkatan Potensi Masyarakat. Materi selanjutnya dipaparkan oleh Rektor IAIN Parepare Dr. Hannani, M. Ag. dengan topik Arah Kebijakan Pengabdian Masyarakat IAIN Parepare dan materi berikutnya adalah Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Masyarakat yang dibawakan oleh Dr. M. Ali Rusdi, S. Th. I, M. H. I.


Setelah rehat sejenak, materi dilanjutkan dengan pembahasan Etika Komunikasi dalam Bermedia Sosial oleh Muh. Taufiq Syam, M. Sos. Ketua Program Studi Manajemen Dakwah, yang dilanjutkan dengan penerimaan materi Fiqhi Kemasyarakatan oleh Budiman, M. HI. Kepala UPT Ma'had Al Jamiah. Pada sesi selanjutnya diisi dengan materi Mahasiswa sebagai Motor Perubahan: Mengeksplorasi Peran dan Kontribusi Mahasiswa dalam Membangun Masyarakat yang Berkelanjutan oleh Dr. Musyarif, S.Ag., M. Pd.

Pelaksanaan KKN Teori ini bertujuan menyampaikan kepada mahasiswa terkait wawasan dari sudut pandang keilmuan, sehingga mahasiswa harus ditempa dengan penerimaan materi yang impplementasinya memungkinkan mereka peroleh selama proses pengabdian. Sebagai bentuk tahap lanjutan dari sesi sebelumnya, pada hari kedua sesi pertama dibawakan oleh Muhammad Majdy Amiruddin, M. MA. Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan. Dilanjutkan dengan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi oleh Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Nurhakki, M.Sos. Pemaparan materi Pemberian Bantuan Hukum terhadap Masyarakat oleh Azlan Tamrin, M. H. Kepala Pusat LBH IAIN Parepare yang ditutup dengan penerimaan materi Teknik Penulisan Artikel Ilmiah dari Pengabdian Kepada Masyarakat yang disampaikan oleh Dr. H. Muhiddin, Lc., M. Fil.I. Kepala Pusat Penelitian.


Bertujuan untuk mempertegas fungsi dan arah mahasiswa setelah melaksanakan pengabdian, pada hari terakhir sesi pertama, disampaikan perihal Teknis dan Model Pengabdian kepada Masyarakat IAIN Parepare oleh Dr. Musmulyadi, M. M. Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat yang dilanjutkan dengan materi Masyarakat Multikultural oleh Mahyuddin, M. MA. Kepala Pusat Carrier Development Center. Materi berikutnya dibawakan oleh Dr. Muh. Qadaruddin, S. Sos.I., M. Sos.I. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dengan materi Peningkatan Mutu Melalui Kuliah Pengabdian Masyarakat. Kemudian Muhammad Haramain, M. Sos. I Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan materi Metodologi Pengabdian. Dilanjutkan oleh Emilia Mustary, M. Psi.  Ketua Program Studi Bimbingan Konseling Islam dengan uraian materi Pengembangan Diri untuk Menggali Potensi Diri, dan materi terakhir dibawakan oleh I Nyoman Budiono, M. M. Ketua Program Studi Perbankan Syariah dengan materi Membangun Usaha Bisnis dan Jiwa Enterpreneurship di Masyarakat.

Para peserta mahasiswa KKN Reguler tersebut ditargetkan akan diberangkatkan pada tanggal 15 Juli 2023 menuju lokasi pengabdian yaitu Kabupaten Kabupaten Enrekang, setelah sebelumnya memberangkatkan KKN Nusantara di Kabupaten Tana Toraja pada tanggal 12 Juli 2023. (Fzs/Srh)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 10 Juli, 2023