Kolabarasi Dosen dan HMPS PBI Sukseskan English Competition

16 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Kolabarasi Dosen dan HMPS PBI Sukseskan English Competition

Humas IAIN Parepare- Salah satu program kerja Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yaitu English Competition berhasil terlaksana dengan baik. Kegiatan ini digelar selama tiga hari pada, Jumat-Minggu (11-13/11/2022).

Berlokasi di Gedung Laboratorium Terpadu Lantai 3, English Competition dibuka di hari Jumat oleh Kaprodi PBI Arqam dan sebelumnya, sambutan ketua panitia disampaikan oleh Kalsum. Hadir pula panitia dari perwakilan dosen dan anggota HMPS PBI.

Kegiatan  dilanjutkan di hari berikutnya, Sabtu-Minggu. Para peserta berjumlah sekitar 70 orang diharuskan menginap di lokasi kegiatan di gedung perkuliahan Fakultas Tarbiyah lantai 3. Hal ini untuk memaksimalkan pemberian materi dan praktik penggunaan Full English.

Pemateri yang diundang Ahmed Sardi, Dosen STKIP DDI Pinrang membawakan materi berkaitan dengan penguasaan bahasa Inggris. Juga hadir, Pandi Putra, Dosen Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada dalam sharing session dengan memaparkan hal-hal tentang Entrepreneurship.

Di hari terakhir, selain para peserta mahasiswa PBI semester satu, tiga, dan lima, hadir pula pula peserta undangan dari Institut Andi Sapada bersaing dalam perlombaan seru, seperti  SpeechDescribing (an Expert of Education), Kreasi ID-Card, dan juga lomba berkelompok pembuatan Vlog profil singkat kampus, fakultas dan prodi PBI berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Indonesia.

Para peserta merasa senang menghabiskan akhir pekan dengan kegiatan positif. Mardatillah pemenang lomba Speech merasa kegiatan ini meningkatkan keakraban.

“Sebelumnya kita belum kenal dengan angkatan lain, setelah menghabiskan waktu bersama akhirnya jadi akrab,” ujarnya. 

Sedangkan Alfiana, pemenang lomba Describing mengatakan kepercayaan dirinya terbangun dengan berpartisipasi pada lomba.

“Awalnya saya gemetar berbicara di depan, tapi ternyata bisa menyelesaikannya dengan baik,” tuturnya.

Hardianti, pemenang lomba kreasi ID-Card mengungkapkan bahwa ia makin banyak tahu tentang bahasa Inggris, “Saya jadi tahu cara welcoming speech, sehingga tidak ragu lagi di masa depan,” ucapnya.

English Competition ditutup oleh Kaprodi PBI pada sekitar pukul 15.00 WITA.

“Saya harap mahasiswa PBI lebih sering lagi ikut kompetisi ke depannya, agar keahlian berbahasa Inggris makin terasa,” harap Arqam. (nrh/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 16 November, 2022